Kenali Masjid Terindah di Depok

shares |

Bagi warga Depok pasti udah pada tau masjid yang saya bbahas kali ini. yups.. apalagi kalau bukan Masjid Kubah Mas yang berlokasi di Meruyung, Depok. Ini adalah salah satu masjid terindah dan termegah yang dimiliki Depok dan tentu kebanggan warga Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.



Pertama, saya akan memberi tau kalian sejarah Masjid ini terlebih dahulu. Check this out~

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.
Selain itu, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.  


Masjid Dalam Khusus Wanita


Nah~ setelah baca sejarahnya makin kagum kan dengan masjid yang satu ini. Masjid ini pun dikategorikan sebagai Masjid Termegah di Asia Tenggara juga.

ini waktu saya pergi ke masjid kubah mas menemani saudara saya yang datang dari Aceh. Bahkan orang Aceh pun tau kubah mas.


Bagi yang belum berkujung, silahkan kunjungi Masjid ini yang berlokasi di Jl. Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok.

Byeyeooooooo~


Andini Rijanti 
AP 201



Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar