Kunjungan ke Konveksi JR Sabtu 09 November 2018

shares |


Assalamu'alaikum WR. WB.

Hy guyysss... Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cerita nih tentang kunjungan ke Konveksi JR Yang dimiliki oleh Bapak Jarot.


 
Pada saat itu sedang outing class (kunjungan) mata kuliah Enterpreneur & Manajemen Pembelian. Disana kami belajar tentang bagaimana konveksi tersebut berjalan, bagaimana cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja, mesin-mesin yang digunakan pada konfeksi tersebut. 


kami tidak hanya menganggap kunjungan kesana sebagai rekreasi, tapi juga menganggap kunjungan tersebut sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri konveksi tersebut.










Owner Konveksi JR

Bapak Jarot bercerita kepada kami bahwa ia memulai usahanya tidak memilikinya modal yang besar atau hanya dengan modal skill, 1 mesin jahit dan tempat yang kecil. kemudian beliau dipercaya dan diberikan 30 mesin jahit dengan mencicilnya setiap bulan. untuk tempat usaha pak Jarot menyewa tanah milik orang lain dengan bangunan milik sendiri. pak Jarot menyewa tanah seharga Rp. 30.000.000/thn.

Konveksi ini merupakan perusahaan jasa menjahit berbagai jenis baju seperti Gamis, Kaos, Almamater, Seragam kantor, dll. Konveksi ini berjalan lancar dan sukses. Sekarang pak Jarot memiliki penghasilan perbulan minimal Rp. 10.000.000 - Rp. 15.000.000.

Setiap usaha pasti ada hambatan atau kerugian yang dialami yakaaann :)

Nah Bapak Jarot bercerita bahwa pernah saat mengambil barang di daerah Kasablanka menggunakan ojek sampai Depok hujan lebat dan kainnya luntur kemudian diganti dengan yang baru dan mencapai kerugian sebesar Rp5.000.000. juga masih banyak lagi kerugian-kerugian yang Beliau alami sampai saat ini.

Gamis cantik, Syar'í dan MurMer cuma ada DISINI!!!

Bagian-bagian yang membantu Bapak Jarot untuk menyelesaikan pembuatan bahan jadi ada banyak loh hehe jadi jangan sampai kita lupakan usaha mereka yaitu :

1. Bagian Potong

 

Bapak Sarip adalah yang bertugas dibagian potong, dan apabila sedang tidak ada pekerjaan Bapak Sarip membantu bagian finishing. Untuk sekali potong minimal 10 potong baju menggunakan mesin kecil dan maksimal diatas 50 potong baju menggunakan mesin besar.

2. Bagian Menjahit 


Setiap hari kurang lebih mampu mengerjakan 50 jahitan dan paling banyak mengerjakan 70 pasang baju ketika ada borongan.

3. Bagian Finishing 


Bagian finishing bertugas seperti membuang benang, menyetrika baju, melipat baju, menge pack baju dan melubangi kancing.


Kayaknya segitu dulu yg bisa saya bagikan pada kalian :D
Wassalamu'alaikum WR. WB.


By : Khairunnisa (17-AP 201)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar