HASIL PRESENTASI UAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN 2

shares |

Pada hari Rabu tanggal 23 bulan Mei tahun 2018, kelas AP-202 angkatan 2016 melaksanakan Ujian Akhir Semester 4 mata kuliah Kewirausahaan 2 dengan dosen Ibu Faridah. UAS kali ini mahasiswa ditugaskan untuk membuat suatu produk hasil karya tangan sendiri bersama dengan kelompok-nya. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat proposal usaha terlebih dahulu, setelah itu membuat produk bersama-sama dengan anggota kelompok, kemudian masuk ke tahap percobaan produk yang dimana setiap kelompok membawa tester untuk diberi masukan oleh dosen kemudian jikalau produk belum memenuhi kriteria maka diadakan revisi. Hingga sampai tahap akhir pengambilan nilai UAS adalah presentasi produk melalui slide power point yang sudah dibuat oleh masing-masing kelompok.

Penulis termasuk di kelompok 3. Yang ber-anggotakan 5 orang, yaitu: Aisyah Nindya Wati, Martin Luther, Medina Sukmawati, Oktavia Dwi Budianti (penulis) dan Rahila Khaerunisa. Pada saat hari ujian tiba, masing-masing kelompok bergantian masuk kedalam kelas untuk presentasi, penilaian presentasi dan percobaan produk pun dilakukan Ibu Faridah dibantu dengan Bapak Karno Ginanjar selaku dosen kampus LP3I Depok yang berperan besar dalam Rumah Entrepreneur.
Kelompok 3 pun maju setelah sebelumnya kelompok 1 sudah menampilkan presentasi produk UAS-nya. Produk kelompok 3 yaitu CHOPY yang mempunyai jingle "Chocolato Crispy bikin Happy!"
Pada slide perkenalan jenis usaha beserta produk dan visi misi usaha kami disampaikan oleh Martin selaku ketua kelompok kami. Di slide selanjutnya ada bagian analisis pasar dan pemasaran yang disampaikan oleh Rahila. Kemudian slide selanjutnya lagi ada bagian analisis produksi yang disampaikan oleh Medina. Setelah itu slide rencana produksi disampaikan oleh Aisyah. Dan slide terakhir ada materi rencana pemasaran yang disampaikan oleh Okta (penulis).


Setelah presentasi selesai kami membuka sesi tanya jawab. Masing-masing dari kami pun diberikan pertanyaan oleh penguji. Martin, Medina dan Aisyah diberikan pertanyaan oleh Bu Ida. Sedangkan Rahila dan Okta (penulis) diberikan pertanyaan oleh Pak Karno. Pertanyaan yang diajukan oleh penguji rata-rata membahas tentang bagaimana cara mempromosikan CHOPY agar masyarakat tertarik, dari bagaimana cara promosi dan memberikan keyakinan kepada orang tua yang khawatir anak-anak nya akan sakit gigi kalau makan cokelat, kepada ibu-ibu PKK, dan kepada aki-aki yang sudah tua namun tetap dapat bisa menikmati CHOPY. Kami pun menjawab pertanyaan dengan berusaha se-relax mungkin dan mencoba untuk mencairkan suasana agar tidak tegang. Setelah sesi tanya jawab selesai, kami diberi masukan yaitu agar CHOPY lebih berinovasi lagi terhadap produk yang dijual. Contohnya kalau yang lain sudah menjual keripik pisang cokelat, mungkin CHOPY bisa menjual snack dari bahan lainnya yang belum ada dipasaran. Untuk rasa produk CHOPY Ibu Faridah memberi komentar yang positive, rasa manis dan pahit dari cokelat nya pas dan renyah nya pas. Yeay Alhamdulillah semoga hasilnya memuaskan!!! Congratulations kelompok 3!!!




PENULIS : OKTAVIA DWI BUDIANTI (AP-202)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar