Warna-Warni PSPL 2016

shares |

PSPL kepanjangan dari Pengenalan Sistem Pendidikan Lingkungan. Di Politeknik LP3I PSPL adalah suatu kegiatan wajib tiap tahunnya yang diadakan oleh pihak kampus dan dibantu oleh HIMA dan UKM untuk mengenalkan lingkungan dan sistem kampus LP3I kepada mahasiswa/i tahun ajaran baru. Di tahun 2016 lalu yakni angkatan saya, PSPL yang diadakan mengangkat tema "Love of Nationalism" dengan jawaban jargon-nya yaitu "Berjuang Untuk Indonesia."
Tema ini sendiri pun diciptakan karena kebetulan PSPL tahun 2016 diadakan pada bulan Agustus yang merupakan bulan lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia.

PSPL di Politeknik LP3I dibagi menjadi 2 kategori, yaitu PSPL Lokal dan PSPL Pusat. PSPL Lokal bertempatan di kampus selama 6 hari, dan puncak acara PSPL Lokal LP3I Depok tahun 2016 bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan. Tujuan diadakannya PSPL tentunya agar calon mahasiswa/i mengenal lebih dalam tentang kampus selain itu bertujuan untuk mengenal satu sama lain mahasiswa/i yang tidak satu jurusan agar terjalin tali silaturahim yang baik.

Sebelum PSPL dimulai, para calon mahasiswa baru dikumpulkan di aula untuk dibagikan kedalam kelompok. Tentunya didalam satu kelompok terdapat calon mahasiswa/i dari berbagai macam jurusan. Kebetulan pada tahun 2016 terdapat 8 kelompok PSPL. Dan penulis sendiri kebagian di kelompok VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Setelah dibagikan kelompok, ternyata kami diberikan tugas kelompok membuat power point dengan tema nama kelompok kami sendiri. Dan jadilah pada hari Minggu, 14 Agustus 2016 kelompok kami berkumpul di-rumah Aisyah untuk mengerjakan tugasnya sebelum Senin, 15 Agustus 2016 PSPL hari pertama dimulai.


Dan sampailah di hari PSPL LP3I Depok diselenggarakan. Hari pertama dan ke-dua kegiatan kami yaitu masih all about kampus LP3I Depok. Kami dikenalkan dengan mars dan hymne LP3I yang epic bangeeettt!!! selain dikenalkan pastinya kami diwajibkan untuk menghafalnya xD


Di hari ke-tiga kami para kelompok PSPL diberi tugas oleh panitia untuk latihan selama kurang lebih 1-2 jam untuk persiapan seni dan kreativitas MABA. Wooow sungguh tantangan yang menarik bukan? xD dan kelompok VOC pun memilih drama musical dengan bantuan arahan dari kak Syifa dan Kak Nathan selaku Penanggung Jawab kelompok kami. 
Dengan segala rasa percaya diri yang tinggi, kelompok kami menampilkan drama musical dengan baik walaupun hanya latihan 1 jam. Semua temen-temen yang nonton ikut tertawa dengan acting yang kami bawakan. Hahaha terharuuu :")
Selain drama musical dari kelompok kami ada juga penampilan dance, dubbing, robotic dan lain sebagainya yang tentunya sangat menghibur.


Di hari ke-empat yang bertema "Batik Days" kegiatan kami yaitu presentasi kelompok tentang materi kelompok masing-masing. Nah dihari ini mungkin akan jadi hari terburuk selama PSPL kelompok VOC wkwkwk. Karenaaa, pada saat kelompok yang lain tampil bagus dengan presentasinya, justru kelompok kami paling bikin geleng-geleng kepala :") Tapi ya karena waktu terus berjalan jadi kami tetap terseny000m :) WKWK.


Lanjuuut hari ke-lima. Nah days 5 ini seruuu bangeeet. Karena kegiatannya Wiyata Mandala (full games), dan ada penampilan spesial dari para mahasiswa baru yang memiliki bakat bernyanyi. Tentu saja ada kegiatan yang serius juga, kami dibekali materi yang sangat bermanfaat dari kepala kampus LP3I Depok Bapak Romi Syahrial, ST.MA.

Wiyata Mandala (full games)

Performance MaBa (Mahasiswa Baru)

Thanks for coming kakak-kakak dari "The Coaster"

Pembekalan materi dari Bapak Romi Syahrial, ST.MA selaku kepala kampus PLJ Depok

DAAANNN!!! Sampailah pada puncak kegiatan PSPL Lokal Politeknik LP3I Depok yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Ragunan. Acara diawali dengan senam bersama! Sungguh menyehatkan tubuh bukan? xixi. Kemudian dilanjutkan dengan acara games kerjasama! Sungguh menyenangkan bukan? xixi. Dan kegiatan kelompok ditutup dengan mewawancarai dosen ataupun karyawan kampus! Benefitnya, kami para kelompok jadi mengetahui fakta-fakta terselubung tentang LP3I Depok! Dari kisah lucu sampai kisah horror hiiiiiii. Wkwkwk tenang kan ada Tuhan yang jagain kita semua(?) xD



Dan yeaaay berakhir sudah kegiatan PSPL Lokal PLJ Depok. Tak ingin meninggalkan kenangan begitu saja, kami dari kelompok VOC pun berfoto bersama dengan kakak senior penanggung jawab kelompok kami.

Difoto ini kurang kak Yonathan yang entah kemana .-. wkwk.

Setelah PSPL Lokal berakhir, terbitlah PSPL Pusat!!! PSPL Pusat tahun 2016 dilaksanakan di GOR Popki Cibubur. Tujuannya yaitu untuk mempertemukan semua calon mahasiswa/i baru Politeknik LP3I se-Indonesia(?) siapa tau ada yang jodoh(?) /eh. Wkwkwkwk. Pastinya ya untuk menjalin tali silaturahim antar semua cabang Politeknik LP3I dooong hoho.
Kegiatan PSPL pusat ini lebih ke hiburan dari para perwakilan UKM PLJ. Selain itu tiap cabang diwajibkan untuk menampilkan 1 pertunjukkan dan pertunjukkan yang paling bagus akan mendapatkan hadiah. Dari cabang Depok sendiri kami menampilkan robotic dance yang ditampilkan oleh Satria Ibrahim Girsang. Namun sayang sekali kampus kami tidak menang. Juara penampilan cabang terbaik pun diraih oleh cabang Cibinong! Yuhuuu Congratz gengs Cibinong :D Walaupun kami dari cabang Depok tidak menang dalam kategori "Penampilan Kampus" namun ternyata usut punya usut perwakilan penampilan antar Jurusan dari Depok meraih juara 1 lhoo!!! Yaitu perwakilan dari Jurusan "Administrasi Bisnis" . Penampilan antar jurusan ini pun gabungan dari calon mahasiswa/i disetiap cabang terdekat lhoo. Cabang Depok bergabung dengan cabang Cibinong, Cileungsi dan Pasar Minggu untuk menampilkan drama musical. Tema drama musical yang diambil yaitu kisah cinta tentang Putri Belanda. Dan perwakilan dari mahasiswa baru cabang Depok yang meraih juara 1 ini ada Cika Agustin dan Oktavia Dwi Budianti (lha narses) wkakakaka xD


Taraaa ini lah foto kita dengan menggunakan kostum peran masing-masing.

Baiiikkk daripada hanya majang foto alangkah indahnya diperkenalkan bukan? xixi. Dari ujung sebelah kanan ada Iwan (PLJ Pasar minggu), Zaki (PLJ Cibinong), Cika (PLJ Depok), Handayani (PLJ Pasar Minggu), Hendrik (PLJ Cileungsi), Okta (PLJ Depok), Gilang (PLJ Cileungsi) dan Riska (PLJ Cibinong).

Senang syekaliii akhirnya setelah PSPL Lokal dan PSPL Pusat berakhir kami para calon mahasiswa sudah SAH menjadi mahasiswa, yeaaay!
Terimakasih untuk semua panitia PSPL 2016 yang terlibat dalam kelangsungan dan kelancaran acara tahunan ini! Luvvvlyyy xoxo.

Akhir dari postan ini ingin mengucapkan izin dan terimakasih kepada kakak HIMA dan UKM pada jaman 2016 yang telah mendokumentasikan foto-foto kegiatan kami, sehingga penulis dapat melengkapi postingan blog ini dengan foto yang penuh warna dan cerita!!! :D

PENULIS : Oktavia Dwi Budianti (AP-202)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar