KEGIATAN RAMADHAN BEM "BAGI-BAGI TAKJIL DAN BUKA BERSAMA"

shares |

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

 Halo Teman-teman semuanya.. hari ini saya akan memposting kegiatan pertama dalam program kerja BEM pada saat bulan ramadhan  yaitu "BAGI-BAGI TAKJIL DAN BUKA BERSAMA" Sebelum lebih lanjut karena dibulan ramadhan maka saya akan menjelaskan terlebih dahulu makna dan pengertian dari PUASA :



Arti puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.
Puasa memiliki fungsi dan manfaat untuk membuat kita menjadi tahan terhadap hawa nafsu, sabar, disiplin, jujur, peduli dengan fakir miskin, selalu bersyukur kepada Allah SWT dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Orang yang diperbolehkan untuk berbuka puasa sebelum waktunya adalah :
- Dalam perjalanan jauh 80,640 km (wajib qodo puasa)
- Sedang sakit dan tidak dapat berpuasa (wajib qodo puasa)
- Sedang hamil atau menyusui (wajib qada puasa dan membayar fidyah)
- Sudah tua renta atau sakit yang tidak sembuh-sembuh (wajib membayar fidyah 3/4 liter beras atau bahan makanan lain)


MANFAAT MEMBERI TAKJIL DI BULAN RAMADHAN

Manfaat orang yang memberi buka puasa adalah sebagai berikut :
Pertama: Dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang yang berpuasa tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah saw:
من فطر صائما كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيء
"Barang siapa yang memberi buka orang yang berpuasa, niscaya dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sama sekali." (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Kedua: Malaikat akan mendoakannya sampai orang yang berpuasa tersebut menyelesaikan hajatnya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw:
إن الصائم إذا أكل عنده صلت عليه الملئكة حتى يفرغوا ، ربما يقول : حتى يقضوا أكلهم .
"Sesungguhnya orang yang berpuasa jika ia berbuka pada seseorang, maka malaikat akan mendo'akan orang tersebut hingga orang yang berpuasa tersebut selesai hajatnya, atau: Sampai menyelesaikan makanannya." (HR Darimi dan Abu Ya'la dengan isnad Jayid).



TUJUAN KEGIATAN
1.Meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas semua kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa di tahun ini.
2. Mempererat tali silahturahmi dalam keorganisasian maupun dalam bermasyarakat.
3. Meningkatkan rasa kepedulian antar sesama umat manusia.


DOKUMENTASI KEGIATAN




KEGIATAN BAGI -BAGI TAKJIL BERSAMA UKM




BUKA BERSAMA LP3I DEPOK






DAN SANTUNAN ANAK YATIM


Sekian kegiatan pertama dalam program kerja BEM,
Semoga ALLAH SWT menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah amal shaleh bagi kita semua dan hanya kepada ALLAH SWT-lah semua amal kita niatkan

atas perhatian dan partisipasinya saya ucapkan terimakasih :)

WASSALAMUALAIKUM WR. WB.







Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar