5 Hal yang Pertama Kali Dilihat Perusahaan dalam Resume Pelamar

shares |


Resume yang baik adalah resume yang ditulis dengan memuat beberapa hal seperti data diri, pendidikan, pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki. Namun bayangkan jika resume dengan begitu banyak informasi tersebut datang dalam jumlah puluhan bahkan ratusan. Pekerjaan tim personalia bukan hanya membaca resume yang masuk. Maka dari itu, mereka biasanya membaca semua resume yang masuk dengan sangat cepat, bahkan bisa kurang dari 1 menit. Ada beberapa poin yang menjadi perhatian khusus para perekrut. Ambra Benjamin, perekrut yang kini bekerja di Facebook ini membocorkan poin apa saja yang selalu dilihat pertama kali.









Hal yang nggak akan dilewatkan oleh para perekrut adalah pekerjaan yang sedang kamu jalani. Ambra yang pernah bekerja di Google ini menjelaskan bahwa perekrut menilai apakah posisi yang sedang kamu lakukan sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Mereka juga akan melihat berapa lama kamu bekerja di posisi tersebut.









Pendidikan tentu nggak luput dari perhatian perekrut, terutama jika perusahaan yang kamu lamar hanya mau menerima kandidat dari tingkat pendidikan atau instansi pendidikan tertentu. Pendidikan terakhir juga menjadi acuan apakah mereka akan mengubungimu untuk proses seleksi atau nggak.









Mereka akan melihat apakah perusahaan tempat kamu bekerja sekarang dikenal oleh banyak orang, atau setidaknya dikenal oleh mereka sebagai kompetitor. Jika mereka belum pernah mendengar perusahaan tempat kamu bekerja, mereka akan membaca keterangan yang kamu tulis lebih lama.









Jika harus membaca cepat, perekrut akan mencari kata kunci dalam resume yang kamu tulis. Misal mereka membutuhkan penulis dengan keterampilan Photoshop dan skor TOEFL diatas 600, maka mereka akan mencari kata-kata seperti Photoshop, editing, bahasa Inggris dan TOEFL. Jika resumemu nggak memuat kata kunci yang mereka cari, maka kamu dianggap nggak memenuhi kualifikasi.









Ketika kamu menulis pengalaman di beberapa perusahaan, mereka akan melihat apakah kamu menganggur cukup lama untuk pindah ke perusahaan berikutnya. Namun, mereka akan memahami lama waktu menganggur dengan peran kamu. Misal kamu adalahnya ibu baru, mereka tentu mengerti jika kamu butuh lebih dari 2 tahun untuk nggak bekerja karena sibuk mengurus anak.
Coba dicek lagi, resume kamu sudah memenuhi 5 poin tersebut belum?


Nuraini – AP 201
https://today.line.me/id/article/e6df1c989d3eddc60f2cfa43a1f7448adfb4ef40b201c9ce8a0b26df9b31b706

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar