tips mudah membersihkan sepatu putih

shares |

Sepatu merupakan bagian dari aksesori fesyen untuk melindungi kaki. Sepatu yang kotor bukan saja membuat tidak kaki menjadi tidak nyaman, tapi juga mengganggu penampilan. Terlebih lagi sepatu yang berwarna putih akan lebih terlihat saat kotor dibandingkan warna lain. Banyak orang yang menghindari memakai sepatu berwarna putih dan lebih memilih warna gelap.
Meskipun sepatu putih memiliki kesulitan yang lebih sulit untuk menjaga kebersihan dibanding dengan sepatu yang berwarna gelap, namun sepatu putih akan membuat Anda terlihat lebih elegan dan sporty. Sepatu dengan warna putih akan lebih mudah untuk dipadukan dengan atasan warna apapun.
Apakah Anda memiliki kesulitan untuk membersihkan sepatu putih dan menjaga warnanya tetap cerah? Atau Anda adalah seorang pengusaha laundry yang sering mendapatkan order mencuci sepatu berwarna putih? Berikut beberapa tips untuk membersihkan sepatu putih agar tetap terlihat bersih.
Menggunakan spons basah
Berikut ini adalah langkah awal yang harus dibiasakan saat Anda menggunakan sepatu putih. Setiap selesai menggunakan sepatu warna putih, sebaiknya langsung dibersihkan kotoran yang menempel di sepatu putih Anda. Jangan biarkan sepatu putih terlalu kotor, sebab semakin lama sepatu putih terkena kotoran akan membuat warna sepatu menjadi kuning. Jadi pastikan dan biasakan saat Anda sudah selesai menggunakan sepatu putih. Ingatlah langsung membersihkan sepatunya dengan spons basah.
Menggunakan deterjen
Penggunaan deterjen sudah menjadi hal umum yang digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Deterjen juga menjadi pilihan yang sempurna untuk membersihkan sepatu di rumah, karena deterjen mudah untuk di dapatkan dengan harga yang murah.
Cara menggunakannya adalah siapkan air di dalam ember yang sudah dicampur dengan deterjen hingga berbusa. Masukkan sepatu ke dalam ember dan tunggu hingga noda mulai memudar dalam waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Gosok noda yang menempel di sepatu menggunakan sikat. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
Menggunakan baking soda
Selain spons dan deterjen, baking soda juga bisa menjadi pilihan utama, sehingga bisa menjaga warna sepatu tetap putih bersih seperti baru. Selain itu bahan ini juga mudah didapatkan. Baking soda memiliki sifat sebaai pemutih alami, maka dari itu baking soda sudah biasa digunakan masyarakat untuk pakaian yang berwarna putih.
Cara menggunakannya adalah masukan baking soda ke dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen. Masukkan sepatu kedalam ember. Tunggu hingga noda mulai memudar dalam waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Gosok noda yang menempel di sepatu menggunakan sikat. Bersihkan sepatu dengan menggunakan spons bersih. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sehingga tidak bau.
Menggunakan pasta gigi
Pasta gigi juga bisa membantu untuk menghilangkan noda pada sepatu. Selain itu juga mudah didapat dan sangat cocok digunakan saat mencuci sepatu di rumah.
Cara menggunakannya adalah siapkan pasta gigi, sikat gigi dan air. Oleskan pasta gigi ke seluruh bagian sepatu dan tunggu beberapa jam (makin lama makin baik, maksimal  enam jam). Gosok sepatu dengan sikat gigi secara perlahan agar tidak rusak. Bilas sepatu dengan menggunakan lap atau spons basah. Keringkan dengan cara di angina-anginin atau jemur di bawah terik matahari agar tidak baud an berjamur.
Menggunakan lemon
Bila memiliki masalah kaki berkeringat dan bau kaki, ini cara yang paling tepat untuk Anda gunakan. Selain berfungsi untuk menghilangkan noda pada sepatu dengan mudah, lemon juga akan meninggalkan aroma yang segar di sepatu sehingga tidak membuat sepatu Anda menjadi bau, malah justru wangi.
Selain menggunakan lemon,  Anda juga bisa menambahkannya dengan garam sehingga memudahkan untuk menghilangkan noda pada sepatu. Mengeringkan menggunakan sinar matahari supaya bau pada sepatu hilang.

sumber : http://washingfactory.com/cara-efektif-mencuci-sepatu-putih/
nama : Ratih Astari Kirana
Belepotan/ tidak lancar berbicara didepan umum itu penyebabnya banyak, masing-masing penyebab akan berbeda cara mengatasinya jadi ketahui dulu apa penyebabnya sehingga akan lebih efektif cara mengatasinya.
1. Takut, Grogi atau Minder
Hal yang wajar ketika Anda merasa takut, grogi atau minder karena saya juga merasakannya, tapi yang tidak wajar adalah ketika Anda membiarkan perasaan tersebut menguasai sehingga merusak presentasi Anda.
Saya rasa semua orang ketika pertama kali tampil didepan umum pasti akan merasa kurang percaya diri.
Perasaan ini muncul  karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa).
Atau bisa jadi karena jumlah peserta (terlalu banyak/ terlalu sedikit), kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara.
2. Kurangnya Persiapan
Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi yang tidak maksimal. Hal ini secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar.
Saya pernah mengalaminya, tiba-tiba diminta secara mendadak untuk presentasi. Bukan situasi yang enak dan banyak pilihan tapi situasi seperti ini bisa membuat presentasi berantakan.
Pernah juga melakukan presentasi gasing, artinya isi presentasinya hanya berputar-putar saja sehingga tambah lama saya jadi tambah bingung dan tidak tahu harus berbicara apa lagi.
3. Word Filler
Word filler adalah pengucapan kata yang tidak memiliki arti. Kata-kata ini sering disebut bergumam atau mumbling. Seringkali hal ini kita lakukan tanpa kita sadari, secara reflek keluar begitu saja.
Jika durasinya terlalu sering maka akan menimbulkan kesan belepotan saat presentasi.
Bergumam seperti ‘eee,, eemmm’ akan mengganggu kejernihan pesan yang Anda sampaikan dan membuat Anda terlihat tidak siap membawakan presentasi dihadapan audiens.
Untuk mengatasinya Anda harus sadar dulu Word filler Anda itu seperti apa, karena masing-masing orang akan berbeda.  Jika Anda tidak sadar akan sulit memperbaikinya.

Tampil Percaya Diri Saat Presentasi

Dari pengalaman dan ilmu yang saya pelajari ada 3 hal yang bisa pak Agus dan pembaca yang lain lakukan supaya lebih lancar berbicara sekaligus tampil percaya diri ketika melakukan presentasi.

1. Persiapan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder menurut saya adalah persiapan. Bahkan presenter kelas dunia juga selalu melakukan persiapan sebelum mereka presentasi.
Apa saja yang harus Anda siapkan?
Materi presentasi
Pastikan materi Anda sudah benar-benar siap, buat materi presentasi yang mudah untuk di pahami audiens, karena sebagus apapun isi materi tapi kalau sulit untuk dipahami akan percuma. Jika Anda masih kesulitan membuat materi presentasi silahkan baca panduan materi presentasi.
Selain itu Anda juga harus benar-benar menguasai materi dengan cara latihan membawakan materi presentasi. Saya selalu menyempatkan latihan membawakan materi minimal 1 hari sebelum presentasi.
Ketika latihan Anda harus benar-benar memposisikan tubuh dan gaya Anda seperti sedang presentasi bukan sekedar membaca materi. Kebanyakan orang hanya latihan sambil duduk & membaca, percayalah itu tidak efektif.
Skrip
Saya pribadi selalu membuat skrip ketika akan melakukan presentasi ketika mengisi training, baik itu untuk durasi yang singkat 30 menit ataupun untuk training yang sampai 1-2 hari.
Skrip berfungsi sebagai panduan Anda tentang apa saja yang akan disampaikan, tulis sedetail mungkin karena ini adalah sekenario presentasi Anda.
Apakah saat tampil harus sama 100% dengan skrip?
pada praktiknya Anda akan banyak melakukan perubahan ketika presentasi di depan tapi Anda sudah anda panduan urutan presentasinya bagaimana dan sudah tahu apa saja yang harus disampaikan sehingga tidak perlu takut keluar dari pembahasan.
Saya menulisnya secara detail sehingga saya tahu apa yang harus saya bicarakan ketika berada di depan, jika Anda tidak suka menulis skrip detail Anda bisa membuat skrip dalam bentuk point-point dengan menggunakan teknik mind mapping untuk presentasi.
Slide Presentasi
Ini peralatan perang yang harus selalu Anda siapkan, slide membantu Anda mengingat materi yang ingin disampaikan dan membantu audiens memahami + memperkuat pesan yang Anda sampaikan.
Saya sudah banyak membahas tentang desain slide, baca aja artikel di kategori desain slide. Jika Anda masih kesulitan untuk mendesain slide presentasi yang visual, silahkan ikuti panduanya disini.
Untuk yang sering presentasi gasing, Anda harus benar-benar mempersiapkan struktur materi presentasi, skrip dan slide sebagai jurus andalah untuk menolong disaat penyampaian materi presentasi mulai kehilangan arah.
Latihan
Banyak orang yang merasa saya sudah biasa presentasi buat apa latihan, padahal latihan akan membuat skill presentasi selalu meningkat.
Saya juga selalu melakukan latihan berbicara seperti ketika berkendara, ketika dikamar mandi, berlatih didepan cermin dan tak terlewatkan di depan istri.
Semakin sering latihan akan membuat presentasi Anda seperti sedang ngobrol dengan teman, tanpa perlu berfikir semua kata-kata sudah otomatis keluar dengan sendirinya.
Latihlah pembukaan Anda seperti apa, latihan dengan menggunakan slide supaya hasilnya lebih optimal.
Jangan lupa melatih cerita atau humor yang akan Anda ceritakan jangan sampai Anda merasa lucu tapi teryata garing untuk peserta. Saya pernah merasa malu karena niat cerita lucu tapi tidak ada peserta yang tertawa, tersenyumpun tidak.
Khusus untuk Anda yang punya permasalahan dengan Word filler maka sering-seringlah latihan dengan direkam sehingga Anda akan tahu dimana titik yang harus diperbaiki.
Lokasi
Upayakan selalu dating lebih awal untuk mempersiapkan presentasi Anda, dengan datang lebih awal Anda punya waktu untuk menyesuaikan tubuh dan melakukan visualisasi presentasi yang akan Anda laksanakan.
Cek juga perlengkapan & alat yang Anda gunakan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana, mulai dari LCD, sound, laptop dll. Jangan sampai laptop Anda rusak seperti saya, untuk saya tahu cara mengatasi laptop rusak pada saat presentasi.

2. Hilangkan Rasa Takut

Yang harus Anda fahami bahwa ketakukan itu hanya ada didalam fikiran Anda, seringkali apa yang Anda takutkan tidak pernah terjadi.
Coba amati ketika Anda merasa tidak percaya diri pasti posisi tubuh Anda sedikit membungkuk, tatapan cenderung kebawah, kadang tangan juga berkeringat, artinya apa?
Di dalam NLP Anda akan belajar bahwa the mind and body is one (pikiran dan tubuh adalah satu), merubah salah satunya, otomatis mempengaruhi yang lainnya.
Perasaan takut, grogi & minder ada didalam fikiran Anda, yang harus Anda lakukan untuk menghilangkanya adalah dengan merubah gerak fisik.
Pemanasan
Ambilah waktu untuk melakukan pemanasan, jangan biarkan tubuh Anda dalam posisi diam penuh kegusaran, mulai gerakkan tangan dan kaki, ubah posisi tubuh menjadi lebih tegak dan tersenyumlah.
Saya biasanya pergi kekamar mandi untuk loncat-loncat dan melakukan pemanasan atau untuk sekedar buang air kecil atau cuci muka.
Jangan sampai Anda menahan ingin buang air kecil saat presentasi karena rasanya sangat tidak nyaman, percayalah saya pernah merasakannya.
Pernafasan Perut
Ambil nasaf untuk membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil, ambil pernafasan perut (bukan dada) caranya pegang perut Anda lalu ambil nafas, jika perut Anda mengembang pada saat menarik nafas itulah pernafasan perut.
Pernafasan perut akan membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil sehingga perasaan Anda akan lebih tenang.
Ubah Fokus
Dari pada terus memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi saya selalu mencoba merubah fokus ke hal yang lain misalnya menyambut peserta yang datang dengan berjabat tangan atau ngobrol ringan (diluar topik presentasi) dengan orang disebalah saya.
Atau iseng membuka foto-foto di HP yang isinya foto saya bersama keluarga, Fungsinya hanya sekedar untuk mengubah fokus dari hal-hal negatif ke hal-hal yang positif.

3. Self Talk

Cara terakhir yang saya gunakan untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder adalah self talk, ketika Anda membaca artikel sejenis ini pasti Anda tidak menemukan cara ini tapi saya selalu berhasil dengan cara ini.
Anda pasti sadar ketika perasaan takut, grogi dan minder itu datang maka akan banyak sekali kalimat-kalimat yang melemahkan yang menari-nari di kepala.
Bagaimana jika gagal, bagaimana jika ditertawakan, bagaimana jika audiens tidak suka dan masih banyak lagi, hal-hal negatif berkumpul jadi satu dan dan melemahkan Anda.
Ubah Pertanyaan
Jika ini sudah terjadi maka lakukan self talk bicaralah pada diri Anda sendiri dimulai dengan mengubah pertanyaan.
Bagaimana jika nanti presentasinya sukses?, bagaimana caranya supaya audiens suka dengan presentasi saya?, bagaimana caranya supaya audiens lebih mudah memahami?
Ingat, kualitas pertanyaan Anda akan menentukan jawaban, kalau pertanyaan positif maka jawaban yang dihasilkan juga positif dan tidakan yang diperbuat cenderung lebih positif.
Setelah merubah pertanyaan saya juga sering bicara seperti ini ketika menjelang presentasi
Mustofa, lihatlah istri dan anakmu ada di bangku paling belakang. Tak inginkah kau membuat mereka bangga? tampilkanlah yang terbaik untuk semua orang dan untuk mereka.
Berdo’a
Tak lupa saya memanfaatkan momen tenang ini untuk berdoa supaya diberi ketenangan, dimudahkan dan diberi kelancaran lisan ini ketika menyampaikan presentasi.
Dengan berdoa, kita telah menyerahkan segala ikhtiar yang sudah kita persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan. Dengan sikap berpasrah ini maka hati menjadi lebih tenang dan tidak ada beban ketika presentasi.
3 cara diatas terlihat biasa saja tapi yakinlah hasilnya sangat luar biasa, saya telah mempraktikanya dan terbukti berhasil membuat saya  lebih lancar berbicara di depan umum ketika presentasi
- See more at: http://trainingpresentasi.net/cara-agar-lancar-berbicara-di-depan-umum/#sthash.JPR71jdm.dpuf
Belepotan/ tidak lancar berbicara didepan umum itu penyebabnya banyak, masing-masing penyebab akan berbeda cara mengatasinya jadi ketahui dulu apa penyebabnya sehingga akan lebih efektif cara mengatasinya.
1. Takut, Grogi atau Minder
Hal yang wajar ketika Anda merasa takut, grogi atau minder karena saya juga merasakannya, tapi yang tidak wajar adalah ketika Anda membiarkan perasaan tersebut menguasai sehingga merusak presentasi Anda.
Saya rasa semua orang ketika pertama kali tampil didepan umum pasti akan merasa kurang percaya diri.
Perasaan ini muncul  karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa).
Atau bisa jadi karena jumlah peserta (terlalu banyak/ terlalu sedikit), kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara.
2. Kurangnya Persiapan
Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi yang tidak maksimal. Hal ini secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar.
Saya pernah mengalaminya, tiba-tiba diminta secara mendadak untuk presentasi. Bukan situasi yang enak dan banyak pilihan tapi situasi seperti ini bisa membuat presentasi berantakan.
Pernah juga melakukan presentasi gasing, artinya isi presentasinya hanya berputar-putar saja sehingga tambah lama saya jadi tambah bingung dan tidak tahu harus berbicara apa lagi.
3. Word Filler
Word filler adalah pengucapan kata yang tidak memiliki arti. Kata-kata ini sering disebut bergumam atau mumbling. Seringkali hal ini kita lakukan tanpa kita sadari, secara reflek keluar begitu saja.
Jika durasinya terlalu sering maka akan menimbulkan kesan belepotan saat presentasi.
Bergumam seperti ‘eee,, eemmm’ akan mengganggu kejernihan pesan yang Anda sampaikan dan membuat Anda terlihat tidak siap membawakan presentasi dihadapan audiens.
Untuk mengatasinya Anda harus sadar dulu Word filler Anda itu seperti apa, karena masing-masing orang akan berbeda.  Jika Anda tidak sadar akan sulit memperbaikinya.

Tampil Percaya Diri Saat Presentasi

Dari pengalaman dan ilmu yang saya pelajari ada 3 hal yang bisa pak Agus dan pembaca yang lain lakukan supaya lebih lancar berbicara sekaligus tampil percaya diri ketika melakukan presentasi.

1. Persiapan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder menurut saya adalah persiapan. Bahkan presenter kelas dunia juga selalu melakukan persiapan sebelum mereka presentasi.
Apa saja yang harus Anda siapkan?
Materi presentasi
Pastikan materi Anda sudah benar-benar siap, buat materi presentasi yang mudah untuk di pahami audiens, karena sebagus apapun isi materi tapi kalau sulit untuk dipahami akan percuma. Jika Anda masih kesulitan membuat materi presentasi silahkan baca panduan materi presentasi.
Selain itu Anda juga harus benar-benar menguasai materi dengan cara latihan membawakan materi presentasi. Saya selalu menyempatkan latihan membawakan materi minimal 1 hari sebelum presentasi.
Ketika latihan Anda harus benar-benar memposisikan tubuh dan gaya Anda seperti sedang presentasi bukan sekedar membaca materi. Kebanyakan orang hanya latihan sambil duduk & membaca, percayalah itu tidak efektif.
Skrip
Saya pribadi selalu membuat skrip ketika akan melakukan presentasi ketika mengisi training, baik itu untuk durasi yang singkat 30 menit ataupun untuk training yang sampai 1-2 hari.
Skrip berfungsi sebagai panduan Anda tentang apa saja yang akan disampaikan, tulis sedetail mungkin karena ini adalah sekenario presentasi Anda.
Apakah saat tampil harus sama 100% dengan skrip?
pada praktiknya Anda akan banyak melakukan perubahan ketika presentasi di depan tapi Anda sudah anda panduan urutan presentasinya bagaimana dan sudah tahu apa saja yang harus disampaikan sehingga tidak perlu takut keluar dari pembahasan.
Saya menulisnya secara detail sehingga saya tahu apa yang harus saya bicarakan ketika berada di depan, jika Anda tidak suka menulis skrip detail Anda bisa membuat skrip dalam bentuk point-point dengan menggunakan teknik mind mapping untuk presentasi.
Slide Presentasi
Ini peralatan perang yang harus selalu Anda siapkan, slide membantu Anda mengingat materi yang ingin disampaikan dan membantu audiens memahami + memperkuat pesan yang Anda sampaikan.
Saya sudah banyak membahas tentang desain slide, baca aja artikel di kategori desain slide. Jika Anda masih kesulitan untuk mendesain slide presentasi yang visual, silahkan ikuti panduanya disini.
Untuk yang sering presentasi gasing, Anda harus benar-benar mempersiapkan struktur materi presentasi, skrip dan slide sebagai jurus andalah untuk menolong disaat penyampaian materi presentasi mulai kehilangan arah.
Latihan
Banyak orang yang merasa saya sudah biasa presentasi buat apa latihan, padahal latihan akan membuat skill presentasi selalu meningkat.
Saya juga selalu melakukan latihan berbicara seperti ketika berkendara, ketika dikamar mandi, berlatih didepan cermin dan tak terlewatkan di depan istri.
Semakin sering latihan akan membuat presentasi Anda seperti sedang ngobrol dengan teman, tanpa perlu berfikir semua kata-kata sudah otomatis keluar dengan sendirinya.
Latihlah pembukaan Anda seperti apa, latihan dengan menggunakan slide supaya hasilnya lebih optimal.
Jangan lupa melatih cerita atau humor yang akan Anda ceritakan jangan sampai Anda merasa lucu tapi teryata garing untuk peserta. Saya pernah merasa malu karena niat cerita lucu tapi tidak ada peserta yang tertawa, tersenyumpun tidak.
Khusus untuk Anda yang punya permasalahan dengan Word filler maka sering-seringlah latihan dengan direkam sehingga Anda akan tahu dimana titik yang harus diperbaiki.
Lokasi
Upayakan selalu dating lebih awal untuk mempersiapkan presentasi Anda, dengan datang lebih awal Anda punya waktu untuk menyesuaikan tubuh dan melakukan visualisasi presentasi yang akan Anda laksanakan.
Cek juga perlengkapan & alat yang Anda gunakan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana, mulai dari LCD, sound, laptop dll. Jangan sampai laptop Anda rusak seperti saya, untuk saya tahu cara mengatasi laptop rusak pada saat presentasi.

2. Hilangkan Rasa Takut

Yang harus Anda fahami bahwa ketakukan itu hanya ada didalam fikiran Anda, seringkali apa yang Anda takutkan tidak pernah terjadi.
Coba amati ketika Anda merasa tidak percaya diri pasti posisi tubuh Anda sedikit membungkuk, tatapan cenderung kebawah, kadang tangan juga berkeringat, artinya apa?
Di dalam NLP Anda akan belajar bahwa the mind and body is one (pikiran dan tubuh adalah satu), merubah salah satunya, otomatis mempengaruhi yang lainnya.
Perasaan takut, grogi & minder ada didalam fikiran Anda, yang harus Anda lakukan untuk menghilangkanya adalah dengan merubah gerak fisik.
Pemanasan
Ambilah waktu untuk melakukan pemanasan, jangan biarkan tubuh Anda dalam posisi diam penuh kegusaran, mulai gerakkan tangan dan kaki, ubah posisi tubuh menjadi lebih tegak dan tersenyumlah.
Saya biasanya pergi kekamar mandi untuk loncat-loncat dan melakukan pemanasan atau untuk sekedar buang air kecil atau cuci muka.
Jangan sampai Anda menahan ingin buang air kecil saat presentasi karena rasanya sangat tidak nyaman, percayalah saya pernah merasakannya.
Pernafasan Perut
Ambil nasaf untuk membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil, ambil pernafasan perut (bukan dada) caranya pegang perut Anda lalu ambil nafas, jika perut Anda mengembang pada saat menarik nafas itulah pernafasan perut.
Pernafasan perut akan membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil sehingga perasaan Anda akan lebih tenang.
Ubah Fokus
Dari pada terus memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi saya selalu mencoba merubah fokus ke hal yang lain misalnya menyambut peserta yang datang dengan berjabat tangan atau ngobrol ringan (diluar topik presentasi) dengan orang disebalah saya.
Atau iseng membuka foto-foto di HP yang isinya foto saya bersama keluarga, Fungsinya hanya sekedar untuk mengubah fokus dari hal-hal negatif ke hal-hal yang positif.

3. Self Talk

Cara terakhir yang saya gunakan untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder adalah self talk, ketika Anda membaca artikel sejenis ini pasti Anda tidak menemukan cara ini tapi saya selalu berhasil dengan cara ini.
Anda pasti sadar ketika perasaan takut, grogi dan minder itu datang maka akan banyak sekali kalimat-kalimat yang melemahkan yang menari-nari di kepala.
Bagaimana jika gagal, bagaimana jika ditertawakan, bagaimana jika audiens tidak suka dan masih banyak lagi, hal-hal negatif berkumpul jadi satu dan dan melemahkan Anda.
Ubah Pertanyaan
Jika ini sudah terjadi maka lakukan self talk bicaralah pada diri Anda sendiri dimulai dengan mengubah pertanyaan.
Bagaimana jika nanti presentasinya sukses?, bagaimana caranya supaya audiens suka dengan presentasi saya?, bagaimana caranya supaya audiens lebih mudah memahami?
Ingat, kualitas pertanyaan Anda akan menentukan jawaban, kalau pertanyaan positif maka jawaban yang dihasilkan juga positif dan tidakan yang diperbuat cenderung lebih positif.
Setelah merubah pertanyaan saya juga sering bicara seperti ini ketika menjelang presentasi
Mustofa, lihatlah istri dan anakmu ada di bangku paling belakang. Tak inginkah kau membuat mereka bangga? tampilkanlah yang terbaik untuk semua orang dan untuk mereka.
Berdo’a
Tak lupa saya memanfaatkan momen tenang ini untuk berdoa supaya diberi ketenangan, dimudahkan dan diberi kelancaran lisan ini ketika menyampaikan presentasi.
Dengan berdoa, kita telah menyerahkan segala ikhtiar yang sudah kita persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan. Dengan sikap berpasrah ini maka hati menjadi lebih tenang dan tidak ada beban ketika presentasi.
3 cara diatas terlihat biasa saja tapi yakinlah hasilnya sangat luar biasa, saya telah mempraktikanya dan terbukti berhasil membuat saya  lebih lancar berbicara di depan umum ketika presentasi
- See more at: http://trainingpresentasi.net/cara-agar-lancar-berbicara-di-depan-umum/#sthash.JPR71jdm.dpuf
Belepotan/ tidak lancar berbicara didepan umum itu penyebabnya banyak, masing-masing penyebab akan berbeda cara mengatasinya jadi ketahui dulu apa penyebabnya sehingga akan lebih efektif cara mengatasinya.
1. Takut, Grogi atau Minder
Hal yang wajar ketika Anda merasa takut, grogi atau minder karena saya juga merasakannya, tapi yang tidak wajar adalah ketika Anda membiarkan perasaan tersebut menguasai sehingga merusak presentasi Anda.
Saya rasa semua orang ketika pertama kali tampil didepan umum pasti akan merasa kurang percaya diri.
Perasaan ini muncul  karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa).
Atau bisa jadi karena jumlah peserta (terlalu banyak/ terlalu sedikit), kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara.
2. Kurangnya Persiapan
Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi yang tidak maksimal. Hal ini secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar.
Saya pernah mengalaminya, tiba-tiba diminta secara mendadak untuk presentasi. Bukan situasi yang enak dan banyak pilihan tapi situasi seperti ini bisa membuat presentasi berantakan.
Pernah juga melakukan presentasi gasing, artinya isi presentasinya hanya berputar-putar saja sehingga tambah lama saya jadi tambah bingung dan tidak tahu harus berbicara apa lagi.
3. Word Filler
Word filler adalah pengucapan kata yang tidak memiliki arti. Kata-kata ini sering disebut bergumam atau mumbling. Seringkali hal ini kita lakukan tanpa kita sadari, secara reflek keluar begitu saja.
Jika durasinya terlalu sering maka akan menimbulkan kesan belepotan saat presentasi.
Bergumam seperti ‘eee,, eemmm’ akan mengganggu kejernihan pesan yang Anda sampaikan dan membuat Anda terlihat tidak siap membawakan presentasi dihadapan audiens.
Untuk mengatasinya Anda harus sadar dulu Word filler Anda itu seperti apa, karena masing-masing orang akan berbeda.  Jika Anda tidak sadar akan sulit memperbaikinya.

Tampil Percaya Diri Saat Presentasi

Dari pengalaman dan ilmu yang saya pelajari ada 3 hal yang bisa pak Agus dan pembaca yang lain lakukan supaya lebih lancar berbicara sekaligus tampil percaya diri ketika melakukan presentasi.

1. Persiapan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder menurut saya adalah persiapan. Bahkan presenter kelas dunia juga selalu melakukan persiapan sebelum mereka presentasi.
Apa saja yang harus Anda siapkan?
Materi presentasi
Pastikan materi Anda sudah benar-benar siap, buat materi presentasi yang mudah untuk di pahami audiens, karena sebagus apapun isi materi tapi kalau sulit untuk dipahami akan percuma. Jika Anda masih kesulitan membuat materi presentasi silahkan baca panduan materi presentasi.
Selain itu Anda juga harus benar-benar menguasai materi dengan cara latihan membawakan materi presentasi. Saya selalu menyempatkan latihan membawakan materi minimal 1 hari sebelum presentasi.
Ketika latihan Anda harus benar-benar memposisikan tubuh dan gaya Anda seperti sedang presentasi bukan sekedar membaca materi. Kebanyakan orang hanya latihan sambil duduk & membaca, percayalah itu tidak efektif.
Skrip
Saya pribadi selalu membuat skrip ketika akan melakukan presentasi ketika mengisi training, baik itu untuk durasi yang singkat 30 menit ataupun untuk training yang sampai 1-2 hari.
Skrip berfungsi sebagai panduan Anda tentang apa saja yang akan disampaikan, tulis sedetail mungkin karena ini adalah sekenario presentasi Anda.
Apakah saat tampil harus sama 100% dengan skrip?
pada praktiknya Anda akan banyak melakukan perubahan ketika presentasi di depan tapi Anda sudah anda panduan urutan presentasinya bagaimana dan sudah tahu apa saja yang harus disampaikan sehingga tidak perlu takut keluar dari pembahasan.
Saya menulisnya secara detail sehingga saya tahu apa yang harus saya bicarakan ketika berada di depan, jika Anda tidak suka menulis skrip detail Anda bisa membuat skrip dalam bentuk point-point dengan menggunakan teknik mind mapping untuk presentasi.
Slide Presentasi
Ini peralatan perang yang harus selalu Anda siapkan, slide membantu Anda mengingat materi yang ingin disampaikan dan membantu audiens memahami + memperkuat pesan yang Anda sampaikan.
Saya sudah banyak membahas tentang desain slide, baca aja artikel di kategori desain slide. Jika Anda masih kesulitan untuk mendesain slide presentasi yang visual, silahkan ikuti panduanya disini.
Untuk yang sering presentasi gasing, Anda harus benar-benar mempersiapkan struktur materi presentasi, skrip dan slide sebagai jurus andalah untuk menolong disaat penyampaian materi presentasi mulai kehilangan arah.
Latihan
Banyak orang yang merasa saya sudah biasa presentasi buat apa latihan, padahal latihan akan membuat skill presentasi selalu meningkat.
Saya juga selalu melakukan latihan berbicara seperti ketika berkendara, ketika dikamar mandi, berlatih didepan cermin dan tak terlewatkan di depan istri.
Semakin sering latihan akan membuat presentasi Anda seperti sedang ngobrol dengan teman, tanpa perlu berfikir semua kata-kata sudah otomatis keluar dengan sendirinya.
Latihlah pembukaan Anda seperti apa, latihan dengan menggunakan slide supaya hasilnya lebih optimal.
Jangan lupa melatih cerita atau humor yang akan Anda ceritakan jangan sampai Anda merasa lucu tapi teryata garing untuk peserta. Saya pernah merasa malu karena niat cerita lucu tapi tidak ada peserta yang tertawa, tersenyumpun tidak.
Khusus untuk Anda yang punya permasalahan dengan Word filler maka sering-seringlah latihan dengan direkam sehingga Anda akan tahu dimana titik yang harus diperbaiki.
Lokasi
Upayakan selalu dating lebih awal untuk mempersiapkan presentasi Anda, dengan datang lebih awal Anda punya waktu untuk menyesuaikan tubuh dan melakukan visualisasi presentasi yang akan Anda laksanakan.
Cek juga perlengkapan & alat yang Anda gunakan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana, mulai dari LCD, sound, laptop dll. Jangan sampai laptop Anda rusak seperti saya, untuk saya tahu cara mengatasi laptop rusak pada saat presentasi.

2. Hilangkan Rasa Takut

Yang harus Anda fahami bahwa ketakukan itu hanya ada didalam fikiran Anda, seringkali apa yang Anda takutkan tidak pernah terjadi.
Coba amati ketika Anda merasa tidak percaya diri pasti posisi tubuh Anda sedikit membungkuk, tatapan cenderung kebawah, kadang tangan juga berkeringat, artinya apa?
Di dalam NLP Anda akan belajar bahwa the mind and body is one (pikiran dan tubuh adalah satu), merubah salah satunya, otomatis mempengaruhi yang lainnya.
Perasaan takut, grogi & minder ada didalam fikiran Anda, yang harus Anda lakukan untuk menghilangkanya adalah dengan merubah gerak fisik.
Pemanasan
Ambilah waktu untuk melakukan pemanasan, jangan biarkan tubuh Anda dalam posisi diam penuh kegusaran, mulai gerakkan tangan dan kaki, ubah posisi tubuh menjadi lebih tegak dan tersenyumlah.
Saya biasanya pergi kekamar mandi untuk loncat-loncat dan melakukan pemanasan atau untuk sekedar buang air kecil atau cuci muka.
Jangan sampai Anda menahan ingin buang air kecil saat presentasi karena rasanya sangat tidak nyaman, percayalah saya pernah merasakannya.
Pernafasan Perut
Ambil nasaf untuk membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil, ambil pernafasan perut (bukan dada) caranya pegang perut Anda lalu ambil nafas, jika perut Anda mengembang pada saat menarik nafas itulah pernafasan perut.
Pernafasan perut akan membuat detak jantung Anda menjadi lebih stabil sehingga perasaan Anda akan lebih tenang.
Ubah Fokus
Dari pada terus memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi saya selalu mencoba merubah fokus ke hal yang lain misalnya menyambut peserta yang datang dengan berjabat tangan atau ngobrol ringan (diluar topik presentasi) dengan orang disebalah saya.
Atau iseng membuka foto-foto di HP yang isinya foto saya bersama keluarga, Fungsinya hanya sekedar untuk mengubah fokus dari hal-hal negatif ke hal-hal yang positif.

3. Self Talk

Cara terakhir yang saya gunakan untuk menghilangkan rasa takut, grogi & minder adalah self talk, ketika Anda membaca artikel sejenis ini pasti Anda tidak menemukan cara ini tapi saya selalu berhasil dengan cara ini.
Anda pasti sadar ketika perasaan takut, grogi dan minder itu datang maka akan banyak sekali kalimat-kalimat yang melemahkan yang menari-nari di kepala.
Bagaimana jika gagal, bagaimana jika ditertawakan, bagaimana jika audiens tidak suka dan masih banyak lagi, hal-hal negatif berkumpul jadi satu dan dan melemahkan Anda.
Ubah Pertanyaan
Jika ini sudah terjadi maka lakukan self talk bicaralah pada diri Anda sendiri dimulai dengan mengubah pertanyaan.
Bagaimana jika nanti presentasinya sukses?, bagaimana caranya supaya audiens suka dengan presentasi saya?, bagaimana caranya supaya audiens lebih mudah memahami?
Ingat, kualitas pertanyaan Anda akan menentukan jawaban, kalau pertanyaan positif maka jawaban yang dihasilkan juga positif dan tidakan yang diperbuat cenderung lebih positif.
Setelah merubah pertanyaan saya juga sering bicara seperti ini ketika menjelang presentasi
Mustofa, lihatlah istri dan anakmu ada di bangku paling belakang. Tak inginkah kau membuat mereka bangga? tampilkanlah yang terbaik untuk semua orang dan untuk mereka.
Berdo’a
Tak lupa saya memanfaatkan momen tenang ini untuk berdoa supaya diberi ketenangan, dimudahkan dan diberi kelancaran lisan ini ketika menyampaikan presentasi.
Dengan berdoa, kita telah menyerahkan segala ikhtiar yang sudah kita persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan. Dengan sikap berpasrah ini maka hati menjadi lebih tenang dan tidak ada beban ketika presentasi.
3 cara diatas terlihat biasa saja tapi yakinlah hasilnya sangat luar biasa, saya telah mempraktikanya dan terbukti berhasil membuat saya  lebih lancar berbicara di depan umum ketika presentasi
- See more at: http://trainingpresentasi.net/cara-agar-lancar-berbicara-di-depan-umum/#sthash.JPR71jdm.dpuf

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar