Tips Mendapat Tempat Kerja Praktek/Magang

shares |


Kerja Praktek? Kalau denger kata yang ini biasanya langsung terbayang udah pengen cepet lulus kuliah aja. Tapi jangan sangka untuk dapat kerja praktek itu ngga semuanya gampang. Ada yang cepet dapet tempat kerja praktek/magang tapi ada yang sampai di “php”-in sama perusahaan. Tapi memilih perusahaan juga jangan sampai salah alamat, alih-alih pengen magang di firma arsitek tapi malah masuk perusahaan farmasi, gimana donk? Berikut beberapa tips dari saya untuk dapat tempat magang.
1. Tentukan dulu field yang akan kita masuki

Semua orang tentu memiliki keahlian dan passion yang berbeda-beda, termasuk untuk magang pun jangan asal pilih sembarang perusahaan. Dapet tempat magang yang sejalan sama tempat kamu mendalami suatu keahlian di kampus akan sangat membantu performansi kamu baik di tempat magang bahkan saat kembali ke kampus. Intinya sih seperti peribahasa “jangan membeli kucing dalam karung”, asal masuk saja tapi ternyata tidak sesuai keinginan.
2. List perusahaan tujuan

Listing perusahaan tujuan juga penting untuk keperluan administrasi nanti. Untuk mengelist perusahaan bisa kalian bagi menjadi beberapa kategori:
Kategori Primer : daftar perusahaan utama yang sesuai dengan target dan keinginan kamu buat magang.
Kategori Sekunder : daftar perusahaan yang bukan target utama tapi sebagai “cadangan” kalau-kalau ngga dapet yang diatas.
Kategori Tersier : perusahaan-perusahaan diluar 2 kategori tadi tapi ngga ada kaitannya sama field kamu, lumayan daripada ngga dapet tempat magang :p
Jadi misalnya saya senang dengan automasi, maka saya akan mencari/list perusahaan yang ada otomasinya atau lingkup kerjanya seputar dunia otomasi di pilihan primer, seperti Rekayasa Industri, Tetra Pak, ZI-Techasia dll.
3. Siapkan Persyaratannya

Udah dapet list perusahaan tujuan, saatnya kepoin perusahaan-perusahaan tersebut. Cek-in webnya satu persatu dan ambil informasi selengkapnya biar kamu ngga salah memilih. Biasanya ada perusahaan yang secara terang-terangan membuka kesempatan magang tapi ada juga yang ngga buat publikasi. Kalau ngga ada informasi magang gitu, coba cari contact centernya dan tanya langsung by phone or email apakah perusahaan tersebut menyediakan program magang atau tidak.
Jangan lupa sebelum mengirim, cek lagi alamat perusahaan dan bagian yang dituju supaya berkas lamaran kita masuk ke bagian yang dituju.
Biasanya dalam persyaratan hal utama yang harus disertakan yaitu curriculum vitae  (CV).  Kamu harus bisa bikin CV yang menarik dan benar supaya CV kamu dilihat oleh bagian administrasi.
4. Jangan terlalu mepet!

Banyak nih kebiasaan orang kita kalau mau melakukan sesuatu persiapannya mepet-mepet acara. Kalau masalah nyari tempat magang jangan sampe terlalu mepet masukin berkas atau bertanya-tanya info magang. Minimal 30 hari sebelum jadwal magang juga sudah termasuk mepet. Jadi atur-atur saja waktunya, ya itung-itung bisa cari tempat lain seandainya ditolak di tempat tersebut.
Kalau sudah gimna?
Kalau sudah semua jangan lupa untuk mem follow up perusahaan yang dituju karena sering kali perusahaan “lupa” untuk memberi tahu dan kalau sudah di follow up berulang kali kamu tinggal menunggu balasan dari perusahaan. Banyak-banyakin doa saja dan jangan lupa cek ke bagian administrasi fakultas atau institusi sebab banyak juga perusahaan yang mengirimkan surat balasan langsung kepada institusi.
Kalau ngga dapat juga?
Usahakan harus dapat! kenapa? karena dengan magang kamu bakalan dapet pengalaman yang baru dan dimanapun tempatnya otomatis kamu punya pengalaman kerja langsung yang bakal berguna buat kamu ke depannya.
infographic tentang magang:

Sumber : https://ilhamfauzan.wordpress.com/2014/07/22/tips-mendapat-tempat-kerja-praktekmagang/
Penulis  : Risma Detriana AP-202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar