Tips dalam Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan Diri Dalam Wawancara Kerja

shares |

jawaban interview kerja, contoh jawaban interview kerja, pertanyaan interview kerja beserta jawabannya


Apa kelebihan dan kekurangan anda” pertanyaan ini biasanya menjadi momok para pencari pekerja dalam melakukan interview oleh sebuah perusahaan. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang bertujuan untuk mengevaluasi kejujuran dan tingkat kepercayaan diri anda. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut, sehingga apabila pertanyaan itu muncul anda tidak lagi merasa kesulitan dalam menjawabnya. Seperti kata ungkapan “ persiapan yang matang adalah setengah dari kunci kesuksesan”. Dibawah ini adalah contoh dalam mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Tips menjawab kekurangan

  1. Be Your Self / jadilah diri sendiri. Hindari memberikan jawaban mengulangi apa yang anda pelajari dari buku atau internet. Karena pewawancara yang berpengalaman akan mengetahui itu.
  2. Memilih sesuatu yang merupakan kelemahan anda namun dapat berbalik terlihat seperti kekuatan. Sesuatu sifat negative menjadi sifat yang positif.
  3. Hilangkan jawaban perfeksionis seperti saya tidak punya kelemahan atau kekurangan, karena setiap manusia pasti mempunyai sifat kelemahan.
  4. Untuk contoh menjawab pertanyaan ini Saya hanya bisa konsentrasi untuk satu hal pada satu waktu.”
  5. Contoh lain adalah “Saya kurang percaya diri jika berbicara di hadapan orang banyak, tapi saat ini saya dalam proses mengatasinya karena ini sangat berkaitan dengan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini”

Intinya adalah setelah anda memberikan jawaban kekurangan anda sertakan pula usaha anda untuk mengatasi kekurangan anda tersebut.

Untuk menjawab Kelebihan anda yaitu.
  1. Beri tahukan interviewer mengenai kelebihan yang anda miliki, usahakan yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan anda lamar.
  2. Katakan kelebihan anda dengan cerita.

    Hal ini penting karena dengan bercerita anda dapat mengungkapkan kelebihan anda pada perusahaan sebelumnya, sehinga menambah nilai plus dimata pewawancara. Tetapi hal ini harus real pengalaman anda pada perusahaan sebelumnya dan tidak di buat – buat.

    Contoh : “Saya rasa kelebihan saya adalah kemampuan komunikasi dan inisiatif. Pada pengalaman kerja sebelumnya, saya membantu perusahaan untuk mengurus beberapa akun sosial media dan saya memastikan bahwa setiap orang yang ada didalam tim berada pada halaman yang sama dan tahu apa pesan yang akan disampaikan dengan mengambil inisiatif mengirim email setiap minggunya agar tim mendapatkan informasi yang up to date dan mendapatkan feedback. Akhirnya, pekerjaan update sosial media tersebut dijadikan pekerjaan full-time oleh perusahaan”. (resource http://kerjayuk.com/inspirasi/3-cara-untuk-menjawab-apa-kelebihan-anda-saat-interview)
Tips diatas mungkin bisa membantu anda dalam menjawab pertanyaan para interviewer pada saat anda sedang melakukan wawancara.
Semoga tips ini bermanfaat dan sukses selalu buat anda yang sedang melakukan wawancara kerja.
Vicky Permana
resourse http://tipskarir.com/cara-memberikan-jawaban-kelebihan-dan-kekurangan-diri-dalam-wawancara-kerja/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar