Outing Class Mata Kuliah Principle Management

shares |





Museum Fatahillah terletak di jalan Taman Fatahillah No.1, Kel. Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat , dikenal juga sebagai Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta. Museum ini didirikan dengan tujuan untuk merekam perjalanan sejarah Kota Jakarta dari semenjak zaman Batavia.
          Pada zaman pemerintahan Belanda, Museum Fatahillah digunakan sebagai Gedung Balai Kota yang bernama Staadhuis dan merupakan Gedung Balai Kota pertama dikota Batavia yang sekarang bernama Kota Jakarta, Ibukota Negara Indonesia. Bangunan gedung ini dibuat sama seperti Istana Dam di Amsterdam, Negara Belanda.
          Bangunan Gedung ini terdiri dari atas bangunan utama dan mempunyai dua bangunan sayap, yaitu bangunan sayap timur dan bangunan sayap barat, ditambah dengan bangunan sanding yang berfungsi sebagai ruang kantor, ruang pengadilan, serta ruang bawah tanah yang digunakan untuk ruang penjara pada jaman penjajahan Belanda. Didepan bangunan gedung terdapat tanah lapang yang merupakan tempat eksekusi gantung, tanah lapang ini dikemudian hari dijadikan taman yang bernama Taman Fatahillah. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1970 Gedung ini mengalami pemungaran dan pada tahun 1974, Gedung ini diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta yaitu Ali Sadikin dengan nama Museum Fatahillah serta menempati areal tanah seluas 13.000 meterpersegi.
          Koleksi Museum Fatahillah didalam Museum ini terdapat koleksi berbagai macam benda sejarah, seperti : Benda-benda budaya peninggalan masyarakat betawi, benda arkeologi dari masa hindu, Budha hingga islam. Bermacam mebel antik , prasasti, keramik dan gerabah, uang logam antik VOC, aneka timbangan/dacin, lukisan-lukisan karya raden Saleh, Peta-peta kuno, Foto Gubernur VOC bernama J.P Coen, Meriam Kuno si Jaguar.




WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari       : Jum’at
Tanggal  : 4 Desember 2015
Waktu   : 09.00 s/d Selesai
Tempat  : Jl. Taman Fatahillah, No.1, Kel. Pinangsia,  Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

Tujuan dari Outing class sebagai cara implementasi dari mata kuliah Principle Management dalam menerapkan fungsi-fungsi management yang terdiri dari POAC (Planning, Organization, Actuating, Controlling).
Kegiatan Outing yang saya dan teman-teman laksanakan ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus di penuhi dalam Program Studi Adminstrasi Perkantoran dengan maksud agar kami selaku mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam melakukan Kunjungan ke Museum Fatahillah, Kota Tua.


Setelah melakukan dan mencatat hasil pengamatan dari kegiatan outing class yang dilakukan pada hari Jum’at, 4 Desember 2015 di Museum Fatahillah atau Sejarah Jakarta , Para Mahasiswa/Mahasiswi dapat menarik kesimpulan bahwa ternyata kota Jakarta memiliki sejarah yang panjang. Selain itu, kami juga dapat mengetahui peninggalan dari jaman prasejarah orang-orang belanda, kerjaan tarumanegara, dan kerjaan sunda. Dari hasil observasi ini, kami juga dapat menyimpulkan bahwa pembuatan museum sejarah Jakarta sangat bermanfaat bagi semua orang baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum. Dengan mengunjungi museum sejarah Jakarta orang-orang dapat mengetahui tentang sejarah Jakarta.



Nama Dosen     :    Dra. Badriyah
Kegiatan           :    Outing Class ke Museum Fatahillah, Kota Tua
Mata Kuliah      :    Pengantar Manajemen        

Penulis : Siti Hartinah – AP 202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar