Observasi plus liburan di Hutan Mangrove

shares |

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk adalah salah satu spot wisata alam di Jakarta yang cocok dikunjungi pada akhir bulan saat keuangan menipis tapi pengen berwisata. Asli murah banget. Tidak sampai Rp. 100.000 sudah termasuk ongkos transportasi, HTM dan makan. Transportasi umum menuju PIK menggunakan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB), bukan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) ya. Tarif BKTB menuju PIK sebesar Rp.6000. Kalau naiknya dari halte Trans Jakarta dengan lebih dahulu membayar tiket Trans Jakarta sebesar Rp. 3500, maka di dalam BKTB akan dikenai tambahan ongkos sebesar Rp. 2500 (Rp.3500 + Rp. 2500 = Rp. 6000). Naik BKTB dari Halte Trans Jakarta bisa dari Halte Monas, Halte Harmoni atau bisa juga dari Halte Kota turun di PIK (depan SekolahBudha Tzu Chi, gedungnya megah banget). Di Halte Harmoni, tempat antrian menunggu BKTB ada di pintu paling ujung, setelah pintu yang menuju ke Kalideres. Kalau masih bingung bisa ditanyakan ke petugas di halte Harmoni.

          
 Image result for artikel hutan mangrove pik  Image result for artikel hutan mangrove pik

HTM wisata alam Hutan Mangrove sebesar Rp. 25.000/orang untuk wisatawan nusantara dan Rp. 250.000untuk wisatawan mancanegara. Tidak jauh setelah loket penjualan tiket ada Masjid Al Hikmah di sebelah kiri jalan. Lurus terus merupakan tempat parkir dan tempat pengecekan tiket wisata. Di tempat pengecekan tiket tersebut, petugas akan menanyakan apakah wisatawan membawa kamera selain hp atau tidak.
Saya dan teman-teman telah lama berencana untuk pergi ke Hutan Mangrove ini, berawal dari lihat di Instagram dan akhirnya kepoin Hutan Mangrove di mbah google, namun selama ini hanya sebatas rencana saja. Dan dengan bertepatanadanya tugas observasi di mata kuliah HRM, maka saya dengan kelompok observasi (Nadya, Mutya dan Fahmy) memutuskan untuk pergi ke Hutan Mangrove. Dari sekian banyak tempat yang kita jadikan referensi, dan dengan segala pertimbangan akhirnya rencana itu terrealisasikan yeeeeay..
Kami memutuskan berangkat menggunakan motor, karena setelah melihat rute perjalanan dengan menggunakan angkutan umum lumayan agak susah juga dan untuk masuk ke dalamnya harus jalan kaki  dan lumayan jauh.
Pada hari itu tanggal 12 April 2015 (kalau gak salah) kami berkumpul di Lapangan Zeni tepatnya di jalan Raya Bogor, dan  kurang lebih jam 09.00 perjalanan kami mulai. Berhubung ini adalah pertama kali nya ke Hutan Mangrove, jadi wajar lah ya ada salah-salah jalan hehe.. setelah perjalanan lebih dari 1 jam, kami beristirahat di warung yang berada di tepi jalan di kawasan Jakarta Utara untuk sekedar membeli minum dan membeli cemilan, dari situ kami bertanya-tanya kepada pemilik warung arah menuju Hutan Mangrove, dan perjalanan pun kami lanjutkan.
Singkat cerita, kami telah sampai di Hutan Mangrove, karena hari itu adalah hari jumat, kami sampai saat sholat jumat akan dimulai. Setelah berjuang melawan macetnya Jakarta dan matahari yang puanass sepanjang perjalanan dan sampai tujuan dengan muka yang udah kumel kucel dan sebagainya akhirnya bisa santai di bawah pohon yang ademmm 😅


Saat masuk kami beristirahat sebentar, karena tempatnya yang bagus dan banyak spot yang menarik, tidak lupa pastinya untuk berfoto sebanyak-banyak nya 😁. Ini sih namanya observasi plus liburan, tapi lebih banyak ke liburannya hehe
Ini dia penampakan dari Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk. Meskipun gak semenarik sama yang ada di gooogle, over all tempatnya gak ngecewain juga bolehlah ya buat selfie-selfie terus di upload deh di sosmed biar kaya anak-anak kekinian gitu:D


                                                                                 

Setelah mengelilingin Hutan Mangrove yang luas banget ini dan lumayan capeknya, kami putuskan untuk pulang. Selain rasanya udah ga sanggup lagi harus muter-muter di  Hutan Mangrove, cuaca saat itu juga sudah mulai mendung dan agak gerimis sedikit. Dan akhirnya pulanglah kami dan…. Siap-siap macet-macetan lagi huhuuuu.

  

Sekian dulu jalan-jalan di Hutan Mangrove, next kita share lagi jalan-jalan yang lebih seru di tempat-tempat yang hitzzz dan kekinian :D Hehe...




Penulis : Indah Safitri

AP - 202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar