Kelas Kepemimpinan? Siap, Kak!

shares

Hallo ... Balik lagi sama aku! Semoga nggak bosan yaa^^ hihi, tenang, mungkin ini postingan terakhir aku untuk hari ini, jadi kalian nggak perlu gumoh :D



Kali ini aku mau berbagi mengenai program terbaru Kampus Politehnik LP3I Depok, Yaitu Leadership Class. Program ini terbentuk pada tahun 2016 yang betujuan untuk menempa mental khusunya mahasiswa/i LP3I yang terpilih agar berkepribadian layaknya seorang Pemimpin.
Orang-orang yang terlibat dalam kelas kepemimpinan ini adalah mereka yang memiliki IPK tertinggi, aktif di organisasi, rekomendasi dosen, dan juga yang memiliki potensi untuk bright. Kebetulan aku adalah salah satu yang beruntung tersebut, sehingga bisa terlibat dalam kelas kepemimpinan ini.

What is a Leader? Leader adalah orang yang mengemban tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan mampu memberikan pengaruh terhadap sekitarnya, tentu pengaruh di sini haruslah positif, yaa teman^^

Di kelas ini kita di ajarkan untuk disiplin, mengeksplor sekitar, percaya diri, bertanggung jawab, berwawasan luas, dan hal baik lainnya yang tercermin dari sikap seorang pemimpin. Dari sekian banyak pelajaran yang kami dapat, ada satu materi di mana kami (para leader) ditantang untuk naik ke atas rooftop tepatnya lantai empat kampus ini untuk menarik pelajaran dari apa yang kami lihat. Saat itu saya memang sedang berhalangan hadir, tapi karena rasa penasaran akhirnya di hari lain saya memutuskan untuk naik ke rooftop agar dapat memahami apa yang diperoleh para leader kala itu.





Dari atas sana saya melihat gedung-gedunng, juga kendaraan yang berlalu lalang, dan saya mendapat tiga (3) pelajara berharga ;

1. Keramaian
Dari tempat saya berpijak, saya melihat banyak yang berlalu lalang, baik pejalan kaki atau pun para pengendara. Saya meyakini bahwa mereka yang berlalu lalang tersebut pasti memiliki tujuan dengan beragam profesi . Entah yang ingin bersekolah, kuliah, bekerja atau berbagai kegiatan lainnya, dan pelajaran yang bisa diambil adalah ketika kita ingin sukses, maka kita harus bergerak. Dengan bergerak kita tidak akan tertinggal, karena untuk menjadi sukses tentu tidak didapatkan hanya dengan berdiam diri saja.

2. Sudut Pandang
Dari atas (rooftop) mungkin saya akan melihat hal yang berada di bawah sana  lebih kecil, tapi tanpa di sadari dari bawah sana saya juga terlihat kecil. Pertanyaannya siapa yang benar? atau siapa yang salah? jawabannya tentu tidak ada yang salah. keduanya benar, ini hanya masalah sudut pandang. hal itu membuat saya paham bahwa sudut pandang tercipa tidak perlu sama, karena dia terlahir dari pemikiran (pribadi) berbeda pula, akan sangat tidak bijaksana apabila kita memaksakan sudut pandang orang lain tapi kita tidak berusaha berada di posisi orang tersebut. Bukankah pelangi terlihat indah karena warnanya yang berbeda?

3. Di atas langit, masih ada langit
Dari Rooftop, lagi, mungkin saya akan melihat hal yang berada di bawah sana terlihat lebih kecil. Tapi ketika saya menengadahkan wajah ke atas, maka akan terlihat hamparan langit biru membentang luas, dan hal itu menyadari saya bahwa sesukses apapun seseorang apabila dia tidak bergerak maka cepat atau lambat akan tersusul, menjadi tertinggal. Bumi selalu berputar, itulah kenyataannya, hal itu juga yang membuat saya memahami bahwa di atas langit masih ada langit. Rendah hatilah saat berada di atas, dan jangan berkecil hati saat berada di bawah. tetap berusaha, karena proses tidak pernah membohongi hasil.

Okee, segitu dulu yaa cerita aku tentang Leadership Class. Semoga bermanfaat^^

Creatif By. Kartika Sari - AP201







Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar