Penelitian Tukang Becak

shares |


Penelitian Mengenai "Tukang Becak"



Tukang Becak  adalah salah satu profesi yang sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan salah satu profesi tradisional yang masih ada dan masih banyak orang yang menekuninya di zaman yang serba canggih saat ini, dimana kemajuan teknologi sudah masuk ke berbagai bidang dan menjadikan pekerjaan semakin mudah dan efisien. Mereka berjuang mencari nafkah untuk keluarga di tengah kemajuan jaman yang semakin pesat dan seakan menjadi terus menghimpit mereka yang membuat para tukang becak semakin tersingkir dan di pandang sebelah mata serta mulai di tinggalkan karena di zaman sekarang ini mobil-mobil mewah berserakan di jalan raya, sepeda motor sudah menjadi kendaraan wajib di setiap rumah bahkan jalan yang ada seakan tidak mampu menampung kendaraan pribadi yang ada. Walaupun dengan kondisi demikian  profesi tukang becak tetap di tekuni walau hasil tidak seberapa karena  para tukang becak  ini tidak memiliki keterampilan lain.


Hal itu lah yang membuat kami tertarik untuk menjadikan tukang becak menjadi objek penelitian kami karena mereka bekerja dengan penuh kerja keras dan penuh pengorbanan jiwa dan raga. Mereka melakukan pekerjaannya dengan ikhlas, penuh semangat dan mereka menikmati pekerjaan menjadi tukang becak. Mereka masih berjuang untuk bertahan hidup di tengah zaman globalisasi dan berbagai himpitan ekonomi yang semakin kompleks. . Namun hal seperti itu tak menciutkan semangat mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, meskipun upah tak seberapa, mereka tetap selalu bersyukur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang mereka dapatkan, mereka selalu tersenyum, dan terus semangat.
Itulah yang menjadi latar belakang kami memilih tukang becak untuk kami lakukan
observasi pada tugas mata kuliah Management Office Modern.






Dari Hasil Observasi kami diperoleh bahwa jumlah tukang becak disekitaran Jalan Nusantara berjumlah 54 Penarik Becak dimana kebanyakan dari mereka berasal dari daerah. Adapun mereka menarik becak dari pagi hari sampai sore hari dengan penghasilan yang tidak menentu tiap harinya. Para penarik becak hanya mendapat penghasilan rata-rata perhari hanya berkisar antara Rp 20.000 – Rp 60.000 dengan bekerja selama kurang lebih 8 jam per harinya.


Mata Kuliah : Management Office Modern
Dosen : Dra, Rita Wahyuni,  MM

Penulis : Widia Dewi Ismi Salam, AP-202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar