Ini Dia 5 Cara Untuk Meningkatkan Soft Skill

shares |

Buat kamu para mahasiswa selain akademik, soft skill tak kalah penting. Sebab, seseorang mampu dinilai dan dilihat kapabilitasnya melalui soft skill. Untuk itu, tak heran jika seseorang yang memiliki ketrampilan dan soft skill yang memadai lebih bernilai dibandingkan dengan yang tidak. Baik yang memiliki capaian akademik tinggi ataupun tidak.
Pastinya kamu telah banyak mendengar cerita kesuksesan karir ataupun usaha seseorang yang sama sekali tidak berpendidikan kan? Ini menunjukkan, meskipun kita seorang mahasiswa yang unggul di bidang akademik sama sekali kita tak boleh menutup mata dari pentingnya sebuah soft skill. Tentunya, kamu akan jauh lebih bernilai jika telah menyandang kesuksesan di bidang akademik maupun soft skill. Jika sanggup meraih keduanya, maka dipastikan bahwa kamu memiliki nilai lebih. Yakni di bidang akademik dan ketrampilan sekaligus.
Nah, keterangan diatas menunjukkan bahwa sudah semestinya buat kamu mahasiswa sangat perlu meningkatkan soft skill sejak dini. Sebab jika tidak, maka kamu hanya akan menjadi mahasiswa yang begitu-begitu saja. So, simak 5 cara berikut yang dapat meningkatkan soft skillmu!

Bergabung dalam sebuah organisasi



Jika kamu belum pernah mencoba berorganisasi, maka cobalah bergabung. Organisasi apapun yang kamu sukai. Misalnya organisasi yang mewadahi kegemaranmu. Nah, dari organisasi itu kamu akan belajar banyak hal berkenaan dengan interaksi dengan orang lain. Bukan hanya itu, selain dapat menghargai perbedaan dan pendapat orang lain kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih bijak.

Mintalah penilaian seseorang terdekatmu tentang dirimu




Tidak ada salahnya kamu meminta seseorang yang dekat denganmu untuk menilai kepribadianmu. Mintalah penilaian jujur dari mereka. Darisana, kamu sama sekali tidak boleh merasa sakit hati dengan penilaian yang mereka berikan. Kamu hanya perlu berusaha untuk terus mengubah sikap dan karakter burukmu. Ingat, ini bukan berarti merubah diri kamu. Kamu tetap menjadi dirimu sendiri. Tapi, bertransformasi untuk menjadi pribadi yang semakin baik tentu merupakan hal yang diinginkan semua orang. Perubahan itu demi diri yang menuju ke arah yang lebih baik dan positif.

Berlatih menerima dan memberi kritik yang positif




Alangkah bijak jika kamu selalu berpikir positif atas masukan dan kritik membangun dari orang lain. Kita harus memahami, bahwa sikap kita berbeda dan tentunya penilaian orang lainpun berbeda. Dalam kehidupan, kamu harus berusaha tetap memandangnya dari sudut pandang positif. Sebab, kamu hanya akan merugi jika selalu memandang kritik sebagai suatu cacian dan hinaan. Jangan pernah merasa rendah diri dengan kritik yang ada. Perubahan menuju ke arah yang lebih baik memang memerlukan proses.

Nah, selain berusaha menerima kritik kamu juga harus berhati-hati dalam menilai seseorang. Artinya, kritik harus disampaikan secara baik, positif dan membangun. Jangan pernah kamu memberikan kritik pada seseorang secara “nyinyir” dan menyakitkan hati. Itu justru akan membuatmu terkucil dari pergaulan.

Belajar menghargai dan mendengarkan orang lain



Seseorang yang ingin meningkatkan soft skill harus bisa menghargai orang lain. Dia harus berusaha untuk terus belajar melihat secara multi dimensi. Tak boleh berpikir bahwa hanya kamulah yang paling benar. Kamu juga harus berlatih menjadi pendengar yang baik. Jangan hanya ingin didengarkan saja, namun komunikasi yang timbal balik harus diupayakan.

Berkomunikasi dengan baik, jelas dan benar




Etika dalam berkomunikasi adalah yang utama. Pengendalian lisanmu akan berujung pada pengendalian sikapmu. Untuk itu, mulailah segala sesuatunya dengan komunikasi yang baik. Selain baik, kejelasan dan kebenaran omonganmu juga diutamakan. Jika sudah demikian, maka semakin lama berkomunikasi akan membuatmu terbiasa dan akan bertransformasi menjadi sebuah karakter yang melekat.

Nah, itu dia 5 cara yang dapat kita upayakan demi meningkatkan soft skill. So guys, kamu pastinya ingin segera mencoba trik-trik diatas untuk menjadi sebuah pribadi yang lebih bernilai kan? Ayo, coba dan jadilah seseorang yang memiliki nilai lebih.


Penulis : Theola Augusta - AP202
Sumber :
http://www.isigood.com/uncategorized/ini-dia-5-cara-untuk-meningkatkan-soft-skill/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar