Cara mendapatkan uang dari internet

shares |


Di jaman seperti sekarang ini dunia internet seperti sudah menjadi suatu kebutuhan pokok, hampir semua orang bisa mengakses internet dengan mudah, Tapi tidak semua orang mengetahui bahwa internet itu bisa kita jadikan sebagai lahan penghasil uang. Nah Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit informasi yang saya ketahui mengenai cara mendapatkan uang dari internet  , namun jika anda merupakan master bisnis online mungkin informasi yang saya sampaikan berikut ini tidak akan berguna buat anda. Karena informasi yang saya rangkum dibawah ini memang sebagian kecil dari sekian banyak bisnis online yang beredar di Internet.
      Cara menghasilkan uang lewat internet memang tidak mudah, ada harus bekerja keras dan terus belajar, sebab yang hendak anda lakukan adalah berbisnis di dunia maya bukan di dunia nyata jadi anda harus sangat berhati-hati dalam mengambil sebuah tindakan karena memang dunia internet rawan dengan penipuan, salah sedikit langkah saja uang anda akan melayang (pengalaman pribadi di tipu orang..he..he..) Oke sob tidak usaah panjang lebar langsung aja ke topik utama yang akan saya bahas yaitu mencari uang dari Internet dan berikut ini adalah cara-caranya :

1. Cara Mendapatkan Uang dari Youtube



 

1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,


Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.
Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.
Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.
Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.
Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

2. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik (misalnya memancing), video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.
Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Catatan penting, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:
  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke #Facebook.

4. Mendaftar Ke Google Adsense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube, namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.
Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda.
Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

 2. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog





1. Mulailah mengenal blog
Tahapan awal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog tanpa modal adalah dengan mulai mengenal “apa itu blog”, dan “bagaimana cara ngeblog yang benar” sehingga kedepannya bisa menghasilkan profit untuk Anda.
Membuat blog dengan tujuan untuk dimonetisasi membutuhkan konsep yang matang. Pondasinya harus jelas, karena tidak semua blog itu bisa menghasilkan uang. Cari tahu lebih banyak tentang lingkup blogging sehingga Anda bisa menentukan arah blog yang akan Anda buat.
Anda bisa belajar basic blogging dari blogger-blogger senior untuk memperluas wawasan Anda tentang hirup-tikup blogging.
2. Belajar ilmu ngeblog
Profesi apapun yang ingin Anda geluti, tentunya dibutuhkan skill dan pemahaman yang luas tentang bidang tersebut. Ngeblog pun begitu adanya, Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog jika bekal pemahaman Anda tentang “ngeblog untuk uang” masih kurang.
Terlebih dahulu bekali diri Anda dengan dasar-dasar teknik ngeblog, kemudian buatlah sebuah blog untuk mempraktikkan ilmu yang Anda dapat. Kembangkan blog Anda dengan melakukan sejumlah tahapan optimasi sesuai dengan ilmu yang Anda serap dari para pendahulu Anda.
Sambil meng-upgrade ilmu dari para senior serta hasil analisa Anda sendiri, terus lakukan Trial & Error untuk merealisasikan target yang Anda emban.
3. Reset keyword
Sebelum memutuskan untuk membuat blog, sebaiknya Anda melakukan reset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menentukan arah blog Anda kedepannya.
Reset keyword dibutuhkan untuk: mencari tahu tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian di SERP, potensi komersil, dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengembangan blog.
4. Tentukan platform blog
Seiring dengan terus meningkatnya popularitas media online semakin banyak pula platform blog yang bisa Anda gunakan. Namun, untuk tujuan monetisasi Anda tidak boleh salah dalam memilih platform. Jika Anda seorang pemula yang ingin mendapatkan penghasilan online tanpa modal, maka pilihan yang ideal untuk Anda adalah platform Blogger dan WordPress.com.
WordPress.com dan Blogger/Blogspot adalah dua platform gratisan yang paling banyak digunakan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi saya, Blogger serasa lebih tepat untuk program monetisasi. Dengan menggunakan WordPress.com akses user terbatas, begitu juga lingkup monetisasinya. Sementara itu, menggunakan platform Blogger memberikan lebih banyak ruang untuk mendapatkan penghasilan online berbekal hosting gratisan, namun sisi minusnya blog dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Google selaku pemilik jika blog Anda dianggap banyak melakukan tindakan spam.
5. Belajar teknik optimasi
Setiap blog, apapun temanya harus dioptimasi agar mampu bersaing dengan blog-blog lain. Micro blog sangat membutuhkan kuantitas optimasi, karena pada dasarnya blog dengan jenis micro atau personal blog lazimnya hanya berisi beberapa artikel. Berbeda dengan portal besar yang berisi ribuan hingga jutaan artikel sehingga secara teknis lebih berpeluang untuk mendatangkan pengunjung karena padatnya konten.
Belajarlah teknik optimasi SEO (search engine optimization) untuk mendongkrak posisi blog Anda di SERP. Teknik SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sangat memberi andil besar untuk mengukur kesuksesan blog dalam mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (Google, Bing, dll).
6. Ketahui apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan
Selama dalam proses pengembangan tentunya Anda akan melakukan banyak hal berkaitan dengan upaya pengoptimasian. Anda harus tahu, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting untuk menjaga track blog Anda agar tetap berada pada landasan yang tepat.
Pada saat melakukan optimasi, tidak semua metode optimasi itu boleh digunakan. Teknik optimasi salah atau teknik optimasi menyimpang yang lebih familiar dengan istilah blackhat harus Anda hindari, karena hal tersebut akan mengubur masa depan blog.
Beberapa contoh teknik optimasi blog yang harus Anda hindari, diantaranya link building secara membabi-buta, melakukan praktik spam, dan menulis artikel yang hanya berisi kata kunci. Sementara itu, salah satu larangan lain yang benar-benar harus Anda hindari yakni copy-paste artikel dari blog lain. Jika Anda ngeblog dengan harapan ingin menghasilkan uang, maka Anda benar-benar harus menghindarinya.
7. Jadilah orang yang kreatif
Jadilah blogger yang kreatif, karena semakin kreatif semakin banyak pula sumber uang untuk Anda. Apabila Anda sangat produktif dalam menulis artikel, tulislah artikel yang unik dan memiliki potensi profit tinggi.
Berikan sesuatu yang berbeda kepada pengunjung, dengan demikian mereka akan terus merasa terdorong untuk mengunjungi blog Anda. Salah satu tingkat kesulitan blogger dalam membangun bisnis online terletak pada kendala trafik, dan jika Anda bisa menjadi blogger yang kreatif saya yakin trafik hanya masalah waktu.
8. Sabar dan tetap optimis
Meskipun kita sudah membuat perencanaan matang, terkadang hasilnya tetap diluar espektasi. Blogging adalah program jangka panjang, disini mereka (blogger) dituntut untuk tetap fokus, konsisten dan jangan sampai kehilangan optimisme untuk mewujudkan target.
Lakukan analisa untuk mencari tahu sisi minus pada blog Anda sehingga masih kalah bersaing dengan blog-blog lain. Periksa kondisi kesehatan blog, mulai dari struktur template, broken link, time loads, dll.
9. Pilihlah metode monetisasi
Jika blog Anda sudah memiliki pengunjung, maka tiba waktunya untuk mulai menghasilkan uang online dari blog Anda. Dalam hal ini ada banyak metode monetisasi yang dapat Anda pilih, beberapa diantaranya adalah dengan menjadi publisher iklan berbasis PPC (Pay Per Click), menjadi publisher iklan berbasis CPM (cost per mile), menjadi publiher iklan secara mandiri (mencari advertiser sendiri), bergabung dengan program afiliasi, me-review produk brand/perusahaan tertentu, dan masih banyak lagi.
Dari sekian banyak metode menotisasi blog, sebagian besar blogger lebih tertarik untuk menjadi publisher iklan berbasis PPC. Dengan menjadi penerbit iklan Pay Per Click, maka Anda akan dibayar dengan sistem perhitungan berdasarkan klik. Harga klik yang didapat pun cukup bervariasi, bergantung pada bahasa konten, keyword konten, prilaku pengunjung (yang mengeklik iklan), geolokasi pengunjung, dan juga PPC ads network yang digunakan.

Eka Purti Mardyana AP 202
Sumber : https://www.maxmanroe.com

                https://bloggerlamongan.com



Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar