Cara Ini yang Bisa Membuatmu Langsung Bekerja Setelah Wisuda

shares |

Setelah berhasil mengantongi gelar sarjana perasaan lega pasti langsung kamu rasakan. Setidaknya perasaan mampu menyelesaikan tanggung jawab sebagai mahasiswa kamu miliki. Namun sayangnya perasaan itu tidak akan berlangsung lama, karena beberapa waktu ke depan pertanyaan, “Sekarang kerja di mana?” akan sering mampir ke telinga. Agar kamu bisa langsung kerja setelah lulus, IDNtimes akan mengulas cara mendapat kerja secepatnya:

1. Berburu kesempatan kerja di job fair. Siapa tahu peluangmu mendapat pekerjaan datang dari sana

Kamu akan sulit mendapat pekerjaan kalau hanya duduk di rumah saja. Karenanya cobalah lebih aktif mencari peluang, misalnya dengan datang ke job fair. Sekarang ini di berbagai kota bahkan kampus, event job fair sering kali diadakan. Di acara tersebut kamu dapat melamar pekerjaan mulai dari perusahaan lokal, multinasional, bahkan internasional. Selain itu, di job fair kamu juga bisa menemukan beragam kesempatan menarik, misalnya dengan mengikuti program management trainee di perusahaan bergengsi. 

2. Ikutan magang agar kamu memiliki pengalaman sebagai nilai jual

Salah satu syarat yang membuat kamu “bersinar” di mata pemberi pekerjaan adalah pengalaman. Bahkan bisa dikatakan pengalaman berperan lebih besar untuk karir dibandingkan nilai tinggi. Untuk itu kamu harus bergerak cepat mengumpulkan pengalaman yang salah satunya bisa didapatkan melalui magang. Kamu dapat mengajukan permohonan magang ke perusahaan yang diinginkan. Jika performance-mu baik saat magang bukan gak mungkin loh, kamu malah ditawari bergabung di sana. 

3. Bergabung dalam program management trainee

Kamu pasti pernah kan mendengar istilah management trainee (MT)? Program tersebut sekarang ini dikembangkan oleh banyak perusahaan dan bertujuan untuk mencari bibit unggul berusia muda. Salah satu perusahaan bergengsi yang sedang membuka program MT adalah PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI). CCAI merupakan perusahaan minuman non alkohol terbesar di Asia Pasifik. Produk-produk seperti Coca Cola, Fanta, dan Frestea yang kamu lihat setiap hari itu diproduksi oleh perusahaan ini. 
Kalau kamu tertarik berkarir di CCAI, langsung saja ikuti program MT CCAI yang disebut Graduate Trainee Program (GTP). Lewat program tersebut kamu tak hanya berkesempatan bekerja di perusahaan besar tapi juga mendapat pembinaan dan pengembangan diri. Selain itu adanya kesempatan untuk naik jabatan dengan cepat dan gaji kompetitif menjadi keuntungan bagi siapa saja yang berhasil masuk GTP CCAI. Kalau kamu tertarik langsung saja bergabung mendaftar sebagai calon karyawan di sana. Oh ya syarat untuk pendaftar adalah lulusan S1/S2 dengan IPK 3,0, lancar berbahasa Inggris dan Indonesia, fresh graduate, atau pengalaman kerja maksimal satu tahun, serta bersedia ditugaskan di seluruh Indonesia. 
Kamu bisa daftar di sini untuk mengikuti program GTP CCAI, setelah kamu lolos, akan ada tahap wawancara yang bisa kamu ikuti di Institut Pertanian Bogor 31 Mei, Universitas Gajah Mada 1 Juni, atau Prasetiya Mulya Business School pada 2 Juni.
Keuntungan lainnya adalah saat kamu mendaftar secara online, kamu akan mengikuti Tes Minat dan Gaya Komunikasi yang memberimu insights karir seperti apa yang cocok dengan minat dan gaya komunikasimu. Selesaikan tes ini dengan baik untuk lolos GTP. Satu tips, kerjakan lewat komputer atau laptop yah untuk hasil yang maksimal. Tunggu apa lagi? Sekarang lah saatnya kamu bisa punya kesempatan bekerja di perusahaan multinasional seperti CCAI!

4. Perluas jaringan pertemanan. Siapa tahu kesempatanmu bekerja datang dari teman baru

Jangan takut untuk memulai pertemanan dengan orang baru. Ketika setelah lulus misalnya kamu pergi traveling, jangan asyik sendiri. Jadikan hal tersebut sebagai ajang menambah koneksi. Dengan jaringan pertemanan yang luas biasanya kesempatan untuk mendapat pekerjaan terbuka makin lebar.

5. Rajin-rajinlah berkunjung ke website penyedia lowongan pekerjaan

Hindari menggunakan smartphone atau laptop hanya untuk browsing musik atau video favoritmu saja. Gunakangadget untuk membuatmu cepat mendapat pekerjaan, misalnya dengan mengakses website penyedia lowongan pekerjaan. Dengan mengunjungi website seperti ini kamu dapat memantau perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan. Jika telah menemukan tawaran yang sesuai kirimkan lamaranmu secepatnya ya!

6. Minta bantuan teman atau kenalan yang sudah bekerja memberi tahumu informasi kalau ada lowongan pekerjaan tersedia

Seandainya kamu memiliki teman yang sudah bekerja, tidak ada salahnya meminta tolong dia untuk memberi informasi mengenai lowongan pekerjaan. Biasanya bantuan dari teman efektif membantumu mendapat informasi yang paling update. Apalagi kalau temanmu ini mengenalmu dengan baik dia bisa saja memberi rekomendasi positif sehingga peluangmu diterima makin besar.

7. Kirimkan lamaran pekerjaan sebanyak-banyaknya 

Aksi gerilya juga dapat kamu lakukan saat sedang mencari pekerjaan setelah lulus. Gerilya yang IDNtimes maksud adalah kamu mengirimkan lowongan sebanyak-banyaknya. Walaupun mungkin perusahaan yang kamu tuju tidak terlihat sedang membuka lowongan pekerjaan, kamu kirimkan saja lamaranmu. Siapa tahu saat perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru kamu langsung dipanggil.

8. Kalau kamu suka dengan dunia kreatif, buat website yang berisi portofoliomu

Apakah kamu berniat kerja di industri kreatif? Jika jawabannya ya, segera buat website yang berisi portofoliomu. Tujuan membuat website ini adalah agar makin banyak orang mengetahui karya yang kamu miliki. Di era digital seperti sekarang kamu bisa memasarkan diri dengan cara kreatif macam ini.

9. Ikuti laman atau akun di media sosial yang berisi lowongan pekerjaan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat mendapat kerja adalah mengikuti grup atau akun di media sosial yang berbagai info lowongan pekerjaan. Kalau kamu mencari sekarang ada banyak banget kok akun yang dikhususkan untuk keperluan tersebut. Tapi sebelum kamu bergabung di grup atau follow akun macam ini cek dulu ya kredibilitasnya. Jangan sampai kamu tertipu lowongan pekerjaan karena bergabung di akun atau web yang kredibilitasnya tidak bisa dipercaya.
Walaupun mendapatkan pekerjaan sekarang ini terbilang cukup berat, bukan berarti kamu boleh langsung menyerah. Semoga 9 cara di atas dapat membantumu meraih karir cemerlang ya!
 

Penulis : Indah Safitri AP-202
Sumber : https://life.idntimes.com/career/karir-com/9-cara-supaya-langsung-kerja-setelah-wisuda/full

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar