10 Tips Jitu untuk Mengurangi Kebiasaan Kamu Menunda Pekerjaan

shares |


Menunda-nunda sebuah pekerjaan memang hal yang paling mudah kita jumpai di sekitar kita. Kebiasaan yang seperti inilah, menjadi orang mudah stress dan kurang bisa mengatur waktunya dengan baik sehingga membuat dirinya menjadi kurang produktif dalam bekerja. Terlambatnya penyelesaian, menumpuknya sebuah pekerjaan, gampang stress, terburu-buru mengerjakan sesuatu sehingga menghasilkan pekerjaan yang tidak memuaskan dan juga muncul penyakit-penyakit aneh yang itu semuanya disebabkan karena kita sering menunda-nunda sebuah pekerjaan. Jika kebiasaan ini dijalankan secara terus menerus akan berbahaya dan berdampak fatal pada diri anda sendiri loh, dan berikut ini, 10 tips jitu mengurangi kebiasaan menunda-nunda sebuah pekerjaan.

1. Mulailah sekarang juga.


“Mulailah sekarang juga” coba deh kamu menggunakan sesering prinsip ini untuk memerangi rasa malasmu itu. Rasa malasmu itu akan berkurang jika kamu sudah mulai mengerjakan sesuatu. Jika memang sulit dilakukan, cobalah melakukan sebuah pekerjaan yang anda sendiri merasa pekerjaan itu mudah untuk dikerjakan lebih dahulu.

2. Mencicil menyelesaikan sebuah pekerjaan


Coba kamu menerapkan strategi ini sebagai bentuk mengurangi kebiasaaan menunda-nunda pekerjaan kamu deh. Mengerjakan sebuah pekerjaan sedikit demi sedikit tetapi sering, ini sangat berguna sebagai bentuk perlawanan rasa bosan dan tingkat kesulitan dalam sebuah pekerjaan anda.

 

3. Mengatur dan membuat jadwal tertulis


Bagi kamu yang sering lupa, sepertinya tips ini cocok bagi kamu deh, kamu boleh memulainya dengan membuat rencana kerja dengan jadwal tertulis, dalam hal ini bisa membantu mengingatkan kamu mengenai tugas-tugas yang ada dan sekaligus membuat tanggal deadlinenya untuk mengerjakan setiap pekerjaan kamu. Dengan kamu membuat jadwal itu, kamu bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tepat waktu.

4. Menentukan prioritas anda


Terkadang orang suka menunda-nunda sebuah pekerjaan bukan karena mudah dan sulitnya sebuah pekerjaan tetapi lebih mendahului sebuah pekerjaan yang tidak penting untuk dilakukan. Contohnya bermain game, nongkrong bersama teman-teman, dll. Nah, mulai sekarang kamu sudah perlu menyadari prioritas yang harus kamu kerjakan dahulu deh. Bermain game, nongkrong bersama teman, dll bisa kamu lakukan setelah kamu mengerjakan pekerjaan kamu deh.

5. Hindari hal-hal yang menggangu fokusmu


Coba deh kamu sekali-sekali menghindar dari aktivitas yang menganggu konsentrasi kamu, berani keluar dari zona nyaman itu sangat perlu dilakukan loh untuk memperlancar sebuah pekerjaan. Seperti terlalu asyik chatingan melalui akun media social seperti BBM, Instragam, Whatsap, Facebook, Twitter, dll yang paling sering dilakukan di setiap harinya, ya mungkin sebaiknya kamu perlu mematikan koneksi internet kamu deh saat mengerjakan tugas. jika kamu masih mengaktifkan internet kamu, nanti pekerjaan kamu malah terganggu dan gak kelar-kelar loh.

6. Membuat tempat belajar kita terlihat nyaman dan rapi


Siapa sih yang nyaman dengan tempat dan ruang belajar yang kotor, berantakan dan penuh sampah yang berserakan. Mungkin ini salah satu factor yang membuat kamu sering menunda-nunda sebuah pekerjaan. Membuat tempat belajar yang nyaman dan rapi itu bisa merangsang otak untuk aktif dan bergairah kembali dalam melakukan pekerjaan loh. Coba deh mulai sekarang kamu membuat ruang belajar kamu semenarik mungking dan senyaman kamu, mungkin bisa membantu kamu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tepat waktu.

7. Jangan dibikin pusing


Jangan dibuat pusing deh saat menyelesaikan sebuah pekerjaan nanti kamu ga akan pernah kelar-kelar loh dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan kamu. Oleh  karena itu,  kamu tidak perlu menunggu semuanya menjadi sempurna kok untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan. Just do it!

8. Jangan terlalu cepat meremehkan sesuatu


Pernah dengar kata-kata ini “orang sering terjatuh bukan karena batu besar melainkan kerikil” nah dengan kata-kata ini mengajarkan kita untuk jangan meremehkan sesuatu dengan hal-hal kecil. Terkadang sikap meremehkan ini yang membuat kita sering terjerat dalam sebuah masalah loh. Karena ada sikap meremehkan ini yang membuat kamu menjadi orang yang terlalu percaya diri untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan sisa waktu yang sangat sedikit. Ini tidak jamin kamu mampu menyelesaikan sesuatu pekerjaan dengan hasil yang memuaskan.

9. Pikirkan juga munculnya hal-hal yang tak terduga


Memang menyelesaikan tepat waktu itu sangat baik juga loh bagi kesehatan kejiwaan kamu, tapi kamu pikir juga loh hal-hal yang tak terduga yang sering muncul, seandainya kamu memiliki waktu yang sangat sedikit untuk mengerjakan sesuatu dan kebetulan juga pacar kamu mengajak kamu untuk berpergian bersamamu, atau tiba-tiba di rumahmu mendapat pemadam listrik bergilir, dengan kejadian ini membuat kamu menjadi stress dan merasa dikejar-kejar dengan sebuah pekerjaan, dan alhasilnya kamu mengerjakan sesuatu dengan hasil yang tidak memuaskan. Nah makanya itu, sebelum itu terjadi kamu harus menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tepat waktu deh dan segera dilakukan.

10. Menempelkan kata-kata motivasi sebagai bentuk sugesti dalam diri


Tips ini sangat diperlukan loh walaupun ini terdengar lucu untuk kalian lakukan, namun dengan kata-kata ini bisa merangsang otak kamu loh dan menjadikannya sebuah sugesti untuk kamu lakukan dalam keseharian. Contohnya menunda skripsi = menunda pernikahan, menunda mengerjakan tugas = IPK menurun, rajin pangkal pandai, dan lain-lain sesuatu kebutuhan kamu. Coba deh mulai sekarang tempelkan kata-kata motivasi ini yang sering kamu lihat seperti di laptop, pintu kamar, dinding kamar, dan tempat mana saja yang kamu sendiri mudah untuk dilihat.

Semoga dengan adanya 10 tips jitu diatas, kamu semakin sadar bahwa menunda-nunda suatu pekerjaan itu sangat tidak baik untuk dilakukan, karena semakin lama kamu menunda-nunda suatu pekerjaan, maka semakin banyak pula kecemasan yang kamu pikul setiap harinya.


Sumber: https://life.idntimes.com
Oleh: Aribah Roviana

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar